• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Gelar Halal Bihalal, Pengelola BMT NU Jombang Diingatkan Cita-cita Mulia Pendirian Lembaga

Gelar Halal Bihalal, Pengelola BMT NU Jombang Diingatkan Cita-cita Mulia Pendirian Lembaga
Ketua BMT NU Jombang, H Khoirul Anam saat menyampaikan sambutan pada Halal Bihalal Keluarga Besar BMT NU di aula Kantor MWCNU Diwek, Sabtu (6/5/2023). (Foto: Dok NU Online Jombang)
Ketua BMT NU Jombang, H Khoirul Anam saat menyampaikan sambutan pada Halal Bihalal Keluarga Besar BMT NU di aula Kantor MWCNU Diwek, Sabtu (6/5/2023). (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang,
Keluarga Besar Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Kabupaten Jombang menggelar Halal Bihalal di aula Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Diwek, Jombang, Sabtu (6/5/2023).


Ketua BMT NU Jombang, H Khoirul Anam pada kesempatan ini mengingatkan kepada semua pengelola BMT NU Jombang terkait tekad BMT NU harus didirikan. Menurutnya, pendirian BMT NU Jombang melalui proses yang cukup panjang, karena tujuan yang hendak dicapai tidaklah mudah. 


"BMT NU Jombang dilahirkan di tahun 2013 itu punya keinginan berkhidmah kepada Nahdliyin dan berkhidmah kepada Nahdlatul Ulama. Saya ulangi lagi bahwa BMT NU didirikan untuk berkhidmah kepada Nahdliyin dan Nahdlatul Ulama," katanya di hadapan para undangan. 


Keberadaan BMT NU Jombang saat ini tidak bisa diklaim karena kontribusi perseorangan. Karena banyak kiprah dari warga NU terutama yang ada di struktural, dan tidak mengenyampingkan Nahdliyin kultural. BMT NU berdiri sejak tahun 2013 sampai sekarang masih kokoh, menunjukkan adanya kontribusi besar dari berbagai pihak di lingkungan NU. 


"Alhamdulillah dengan dukungan panjenengan semua, BMT NU berkembang, insyaallah memuaskan," ujar pria yang lebih akrab disapa Anam ini.


BMT NU Jombang didirikan fokus untuk mengembangkan taraf ekonomi warga NU dan mewujudkan kemandirian NU secara organisasi. Menurut Anam, demikian ini adalah bentuk dari khidmah itu sendiri dalam merealisasikan apa yang dicita-citakan pendiri NU.


"Sudah waktunya kita berkhidmah di bidang ekonomi. Oleh karena kita berusaha bisa menopang dari keseluruhan ekonomi Nahdliyin. Karena ini cita-cita dari muassis NU agar Nahdliyin bisa sejahtera fid dun-ya hasanah wa fil akhirati hasanah," terangnya.


Menguatkan aspek perekonomian di lingkungan NU, baik jamaah dan jamiyahnya sudah waktunya harus lebih diseriusi. Anam mengajak kepada semua pengurus dan karyawan BMT NU Jombang untuk terus meningkatkan khidmahnya kepada NU melalui BMT NU di Kota Santri ini.


"BMT NU ini harus di depan. Oleh karena itu kawan-kawan ayo kita tingkatkan ghirah kita di dalam berkhidmah kepada NU. Insyaallah hidup kita berkah. Artinya taraf hidup kita semakin hari akan semakin baik," tuturnya. 


Hadir pada kesempatan ini Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib (Gus Salam), para pengurus BMT NU termasuk pengawasnya. Hadir pula sejumlah karyawan BMT NU se-Jombang, perwakilan dari MWCNU di Jombang, dan undangan dari unsur lainnya.


Daerah Terbaru