• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Kader Fatayat NU Kedungmlati Dilatih Kemampuan Public Speaking

Kader Fatayat NU Kedungmlati Dilatih Kemampuan Public Speaking
Fatayat NU Kedungmlati Bekali Anggota Tips Percaya Diri di Depan Umum. (Foto: Istimewa)
Fatayat NU Kedungmlati Bekali Anggota Tips Percaya Diri di Depan Umum. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Sejumlah pengurus dan anggota Fatayat NU Ranting Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang mengikuti pelatihan public speaking. Pelatihan yang dilaksanakan di rumah salah satu pengurus Fatayat NU Ranting Kedungmlati ini diikuti oleh 23 orang, Ahad (12/6/2022). 


Kegiatan ini merupakan agenda rutin bulanan yang sudah terjadwal oleh pengurus Fatayat NU Ranting Kedungmlati dan lokasi pelaksanaannya berpindah-pindah dari rumah ke rumah pengurus Fatayat NU Ranting Kedungmlati secara bergantian.


Laili Indra Mufidah, Ketua Fatayat NU Ranting Kedungmlati dalam sambutannya menyampaikan bahwa public speaking diperlukan bagi semua orang agar memiliki kepercayaan diri ketika berkomunikasi dengan orang lain.


"Tidak ada profesi di dunia ini yang terlepas dari komunikasi, terutama bagi anggota Fatayat NU yang merupakan figur perempuan yang memiliki kecerdasan dan kepedulian sosial," katanya. 


Menurut salah seorang guru Madrasah Aliyah (MA) di Jombang ini, Fatayat NU Ranting Kedungmlati telah mendesain pertemuan rutin anggota Fatayat NU dengan membuat arisan rutin tiap bulan. Arisan ini hanya bertujuan untuk meningkatkan minat anggota agar tetap aktif dalam mengupgrade diri sebagai upaya meningkatkan kualitas diri. 


"Dalam pertemuan rutin tersebut, telah dibuat rancangan kegiatan yang berbeda-beda di setiap pertemuan, sehingga anggota Fatayat NU tidak jenuh dan selalu termotivasi meningkatkan kualitas dirinya," ungkapnya.


Salah satu kegiatan yang diisi dengan pelatihan public speaking ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang cara berbicara di depan umum, juga sebagai modal bagi para anggota Fatayat NU dalam menyampaikan komunikasi yang baik kepada semua pihak. 


Muhammad Yusuf, Trainer dalam pelatihan ini menyampaikan bahwa komunikasi menjadi sebuah kebutuhan bukan sebuah keinginan.


Menurut motivator asal Jombang ini, perempuan merupakan pendidik pertama anaknya dalam keluarga, selayaknya bisa menjadi teladan cara berkomunikasi yang baik minimal bagi anak-anaknya.


“Salah satu kemampuan public speaking adalah menjadi MC. Ada tiga kunci jika ingin menjadi MC, yaitu mau belajar, banyak jam terbang dan tidak baperan, serta harus mau mendengar saran dari pendengar. Intinya, semua bisa asalkan kita siap berproses dan mau belajar,” lanjut Yusuf.


Pelatihan ini dikemas dengan penyampaian materi sekilas oleh trainer dan langsung praktik bersama agar peserta mudah terbiasa di lapangan. Setiap pertemuan rutin ini, sebelum pelatihan, diawali dengan pembacaan istighotsah.


Daerah Terbaru