• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

HARI SANTRI 2022

IPNU-IPPNU Bareng Asah Pengetahuan Kader dengan Lomba Cerdas Cermat

IPNU-IPPNU Bareng Asah Pengetahuan Kader dengan Lomba Cerdas Cermat
Suasana cerdas cermat IPNU-IPPNU Bareng. (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)
Suasana cerdas cermat IPNU-IPPNU Bareng. (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)

NU Online Jombang,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang memperingati Hari Santri dengan menggelar lomba cerdas cermat di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, Sabtu (15/10/2022).

 

Lomba tersebut dimulai sejak pukul 14.00 WIB hingga 17.30 WIB. Sebanyak 25 peserta perwakilan 17 Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU se-Bareng ini beradu ketepatan dan kecepatan menjawab soal-soal yang disiapkan panitia. 


Ketua PAC IPNU Bareng Zaenal Arifin menjelaskan, alasan pihaknya memilih kegiatan cerdas cermat pada tahun ini. 


"Untuk mengetahui kemampuan kader soal beberapa materi penting dan juga untuk mengasah pengetahuan para kader," jelas pria yang akrab disapa Zaenal itu.


Ia mengatakan, materi lomba cerdas cermat seputar kebutuhan-kebutuhan kader IPNU-IPPNU terhadap pengetahuan yang memang harus dikuasai di NU.


"Ada empat materi lomba yang diujikan kemarin yakni Aswaja, ke-NU-an, ke-IPNU-IPPNU-an, dan wawasan kebangsaan. Dengan juri M Muizzuddin Luthfi Ketua PAC GP Ansor Bareng, Wira Suryadi alumni PAC IPNU Bareng, dan Halim Wardhana alumni PAC IPNU Bareng," kata dia. 


Lomba tersebut juga sebagai ajang silaturahim antarkader IPNU-IPPNU. Di saat yang sama, kegiatan itu juga menjadi forum untuk bisa mengetahui kadar pengetahuan kader tentang materi-materi yang disiapkan. “(Kita bisa) mengevaluasi terhadap bibit-bibit unggul dalam memahami tradisi ke-NU-an, ke-Aswaja-an, kebangsaan, dan wawasan umum," terangnya


Pihaknya berharap, dengan diadakannya cerdas cermat dapat mengedukasi para kadernya tentang pentignya menjaga semangat belajar. 


"Kami harap, rekan rekanita nantinya lebih semangat lagi dalam belajar serta dikemudian hari muncul bibit-bibit unggul di Kecamatan Bareng khususnya. Dan semoga ke depan, cerdas cermat ini bisa rutin kami adakan," harapnya. 


Perlu diketahui pemenang pada perlombaan cerdas cermat tersebut yakni juara satu PR IPNU-IPPNU Tebel, juara dia PR IPNU-IPPNU Ngrimbi, dan juara tiga yakni PR IPNU-IPPNU Mojotengah.


Daerah Terbaru