• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

MUKTAMAR KE-34 NU

Gus Yahya Terpilih Jadi Ketum PBNU, Ini Harapan PCNU Jombang

Gus Yahya Terpilih Jadi Ketum PBNU, Ini Harapan PCNU Jombang
Kantor PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Kantor PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Perhelatan besar Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung sudah selesai, Jumat (24/12/2021). Dalam forum musyawarah tertinggi NU itu, para peserta Muktamar mempercayakan kepada KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menjadi ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) periode 2021-2026. 


Merespons hal itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang, KH M Salmanudin Yayid mengucapkan selamat atas terpilihnya Gus Yahya yang telah meraih 337 suara, mengungguli KH Said Aqil Siroj yang memperoleh 210 suara.


"Saya ucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya KH Miftachul Akhyar sebagai rais 'aam dan Gus Yahya Cholil Staquf sebagai ketua umum PBNU," ujarnya, Jumat (24/12/2021) saat dikonfirmasi NU Online Jombang.


Kiai yang kerap disapa Gus Salman tersebut berharap Gus Yahya bisa mengkonsolidasikan NU tidak hanya di pusat, tetapi sampai basis NU di akar rumput. Ini bisa diwujudkan dengan menguatkan komunikasi dan koordinasi antarpengurus di berbagai tingkatan.


"Dengan terpilihnya PBNU yang baru, diharapkan NU lebih baik dari yang sebelumnya.Terutama dalam koordinasi ke bawah sampai ke anak ranting. Yang sebelumnya cenderung berjalan sendiri-sendiri," harapnya.


Dikonfirmasi terpisah Tokoh Muda Pesantren Tambakberas Jombang, Gus Rif'an Nashir percaya, Gus Yahya bisa menjadikan NU terus maju seiring dengan perkembangan zaman. 


"Saya senang sekali melihat dinamika pemilihan ketua tanfidziyah pada periode Muktamar ini, karena sangat cair dan tentunya gagasan yang ditawarkan oleh Gus Yahya sangat menarik," jelasnya. 


Dirinya mencermati, Gus Yahya mempunyai pemikiran yang dapat menyempurnakan gagasan-gagasan sebelumnya, hal tersebut yang membuatnya optimis dan yakin jika NU akan jauh lebih baik dalam menyongsong 1 abad NU. 


"Dengan melihat hasil-hasil komisi rekomendasi juga sangat menarik dan bagus, saya optimis dan insyallah NU ke depan akan jauh lebih meyakinkan, tentunya dalam menyongsong 1 abad NU," pungkas salah satu pengurus PC LBMNU Jombang ini.


Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru