• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

Gliter : Upaya IPNU-IPPNU Sambong Dukuh dan PP Darul Muttaqin Perkuat Literasi

Gliter : Upaya IPNU-IPPNU Sambong Dukuh dan PP Darul Muttaqin Perkuat Literasi
Gliter, Kolaborasi Pelajar NU dan PP Darul Muttaqin Jombang Untuk Tingkatkan Literasi
Gliter, Kolaborasi Pelajar NU dan PP Darul Muttaqin Jombang Untuk Tingkatkan Literasi

NU Online Jombang,

Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sambongdukuh berkolaborasi dengan Pondok Pesantren (PP) Darul Muttaqin, Jombang untuk membuat Gerakan Literasi (Gliter). Ini salah satu upaya meningkatkan kecintaan terhadap literasi di kalangan pelajar. 

 

Idatul Masfufah, Pengasuh PP Darul Muttaqin Jombang menegaskan, kegiatan literasi itu sangat penting. Dengan meningkatkan kecintaan terhadap literasi, maka wawasan keilmuan anak menjadi meningkat.

 

“Wawasan keilmuan anak menjadi bertambah dengan giat literasi. Anak-anak bisa belajar menulis dan membaca. Menuliskan apa yang dibaca, kemudian membaca ulang apa yang ditulis. Jika wawasan ilmu mereka bertambah, maka nantinya akan menjadi generasi literat yang baik,” jelasnya.

 

Perempuan yang akrab disapa Ning Ida ini sangat mengapresiasi IPNU IPPNU Sambongdukuh dalam melakukan kolaborasi dengan kegiatan Gliter ini.

 

“IPNU IPPNU Sambongdukuh benar-benar memiliki keinginan yang kuat dalam meningkatkan kualitas pelajar di desa Sambongdukuh. Karena generasi yang berkualitas itu harus memiliki pegangan ilmu, dan ilmu dapat diperoleh dengan literasi tersebut,” ujarnya.

 

Ning Ida menuturkan, gerakan literasi sebenarnya sudah ada sejak lama, para Ulama terdahulu yang mengajari kita untuk membaca dan menulis melalui kitab-kitab.

 

“Para Ulama mengajari kita untuk membaca apa yang kita pelajari dengan mudakaroh, mudarosah serta ilmu-ilmu yang disampaikan Ulama melalui kitab yang mereka tulis. Tentunya, ulama menulis kitab juga berlandaskan proses belajar dan membaca,” ungkapnya.

 

Ning Ida mengharapkan, dengan kegiatan gerakan literasi ini dapat memotivasi pelajar untuk memiliki hobi membaca sehingga tidak buta dengan perkembangan keilmuan.

 

“Gliter diharapkan juga dapat memotivasi pelajar agar lebih cakap dalam membaca sehingga kelak anak-anak menjadi generasi yang berpotensi,” tambahnya.

 

Sementara itu, Intan Kamilah, Ketua PR IPPNU Sambongdukuh menyampaikan, Gliter diharapkan dapat mencetak generasi yang gemar membaca serta menumbuhkan semangat menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan.

 

“Saat kegiatan berlangsung sangat seru dan antusiasme para pelajar untuk membaca juga cukup tinggi. Semoga hal ini dapat membuat pelajar menjadi gemar untuk membaca,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Grishelda Augusta Marensa, Koordinator Departemen Organisasi IPPNU Sambongdukuh mengatakan, kegiatan ini dilakukan berladaskan fakta. Bahwa terjadi penurunan minat baca yang cukup signifikan di era milenial. Hal ini membuat PR IPNU IPPNU Sambongdukuh mengadakan Gliter sebagai solusi sekaligus menjadi pengisi agenda di bulan Ramadhan.

 

“Gliter ini menjadi agenda ramadhan yang seru khususnya diisi dengan kegiatan literasi. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang bertempat di Aula PP Darul Muttaqin, Jombang. Kegiatan ini terasa sangat mengesankan bagi kami,” ujarnya.

 

Pelajar yang akrab disapa Rekanita Helda ini menjelaskan, teknis pelaksanaan Gliter diawali dengan Koordinasi IPNU IPPNU, PP Darul Muttaqin dan Perpustakaan Mastrip Jombang. 

 

Kegiatan diawali dengan pembukaan. Kemudian, para pelajar mengisi daftar hadir lalu dipersilahkan untuk memilih buku di perpustakaan keliling Mastrip. Setelah itu, peserta mengisi data peminjaman buku dan diberi kertas untuk menulis quotes sebagai ajang challenge yang diadakan panitia.

 

“Quotes itu nantinya akan dipilih 3 yang terbaik. Ada reward bagi 3 quotes terbaik. Selain itu, karya quotes dari para peserta insyaallah nantinya akan kita jadikan buku,” tambahnya.

 

Rekanita Helda mengatakan, IPNU IPPNU serta Santri PP darul Muttaqin diharapkan dapat menambah minat baca tidak hanya dengan membaca buku tetapi juga dapat mengambil inti buku tersebut.

 

“Semoga Gliter bisa menambah semangat berliterasi melalui membaca buku. Selain itu, kami juga berharap kita semua dapat mengamalkannya di masyarakat. Selain itu, kedepannya kami ingin dapat berkarya sendiri dengan membuat sebuah buku,” ujarnya.

 

Indi, Pelajar yang hadir dalam kegiatan Gliter mengharap kegiatan kolaborasi IPNU IPPNU dan PP Darul Muttaqin dalam gerakan literasi ini dapat meningkatkan minat baca banyak orang.

 

“ Saya berharap, kegiatan literasi seperti ini dapat diadakan lagi dikemudian hari,” pungkasnya.


Daerah Terbaru