• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

Ansor Expo 2022, Upaya Ansor Pulihkan Ekonomi Usai Pandemi

Ansor Expo 2022, Upaya Ansor Pulihkan Ekonomi Usai Pandemi
Ansor Expo 2022 (NU Online Jombang/Rohmadi)
Ansor Expo 2022 (NU Online Jombang/Rohmadi)

NU Online Jombang,

Banyaknya potensi pengusaha lokal dalam mengembangkan UMKM membuat Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kabuh berinisiatif untuk menggelar Ansor Expo 2022. Event ini digagas untuk membangkitkan ekonomi pasca Pandemi Covid 19.

 

Bambang Cahyono, Ketua PAC GP Ansor Kabuh mengatakan, pameran UMKM ini terwujud karena PAC GP Ansor kabuh melihat banyak potensi pengusaha lokal khususnya di daerah Kabuh.

 

"Karena itu, Ansor harus ada di dalamnya juga. Ini merupakan gerakan untuk saling membantu menumbuhkan perekonomian pedagang pasca pandemi. Terobosan ini dipelopori kami sebagai gerakan pemuda," kata Bambang.

 

Bambang menambahkan, event ini merupakan merupakan bisnis education untuk membangkitkan organisasi dengan cara mengkohkan kemandirian ekonomi. Ini dilakukan agar GP Ansor Kabuh juga punya ciri khas dan memiliki gambaran konsep, pengalaman, serta proses dalam membangkitkan roda organisasi khususnya di tingkat kecamatan. 

 

"Semoga acara Ansor Expo 2022 ini tidak hanya semata-mata mempromosikan produk unggulan dari banyak pengusaha lokal, tetapi juga mengajarkan organisasi untuk bergerak, berproses dan mandiri secara ekonomi," terangnya.

 

Event tersebut akan digelar selama 10 hari di Lapangan Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang mulai tanggal 14-23 Oktober 2022 mendatang.

 

Selain pameran produk UMKM lokal, Ansor Expo 2022 juga berkolaborasi dengan berbagai pegiat seni yang ada di Jombang. Mengingat selama Covid-19, bukan hanya pelaku usaha tetapi para pelaku seni juga sangat terdampak pandemi.

 

"Setiap malamnya, ada penampilan pentas seni seperti Tari Remo Boletan, Ishari dan seni lainnya," papar Bambang. 

 

Menurutnya, para pelaku UMKM dan Pegiat Seni merupakan pihak yang sangat terdampak pandemi dua tahun lalu. Para pegiat seni bahkan tidak bisa melakukan pementasan karena harus menghindari kerumunan. Dengan event ini, pihaknya berharap bisa meningkatkan gairah mereka untuk bangkit bersama. 

 

"Semoga dengan adanya Ansor Expo 2022 ini, roda ekonomi yang ada di Jombang bisa kembali normal seperti biasanya," harap Bambang. 

 

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Jombang, Zulfikar Damam Ikhwanto menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan pameran yang melibatkan pelaku UMKM di Kabupaten Jombang. 

 

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi. 

 

“Pemerintah Kabupaten Jombang akan terus mendukung kegiatan seperti ini sebagai upaya mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi terutama pasca pandemi,” kata pria yang akrab disapa Gus Antho ini. 

 

Gus Antho menuturkan, UMKM di wilayah Kabupaten Jombang terus mengalami peningkatan terutama jumlah UMKM. Dia mencontohkan, pada masa Pandemi terdapat peningkatan jumlah UMKM yang ada di kota santri. 

 

"Saatnya UMKM Bangkit dari Pandemi Covid-19. Tidak bisa dipungkiri pandemi Covid-19 membuat roda perekonomian menjadi terhambat," kata dia. 

 

Gus Antho menilai, melandainya pandemi harus disambut gembira oleh para pelaku UMKM sehingga dapat kembali memasarkan produknya seperti dalam kegiatan pameran tersebut. 

 

"Mari bersama-sama dan saling bahu-membahu serta saling support untuk bangkit bersama dari keterpurukan ini. Semoga Allah SWT selalu memberikan pertolongan dan kemudahan bagi kita semua," pungkas Gus Antho.


Daerah Terbaru