• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 2 Maret 2024

Daerah

Amalan dan Keutamaan pada 10 Muharram.

Amalan dan Keutamaan pada 10 Muharram.
10 Muharram (Ilustrasi: NU Online)
10 Muharram (Ilustrasi: NU Online)

NU Online Jombang,

Diprediksi jatuh pada Senin mendatang (08/08/2022), Hari Asyura atau 10 Muharram memiliki banyak keutamaan. Ada banyak amalan pada hari Asyura yang melipat gandakan pahala jika dilaksanakan.

 

Ustadz Kholili, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jombang menyampaikan pentingnya mengetahui Fadhilah Hari Asyura.

 

"Hari Asyura atau tanggal 10 Muharram 

yang Insyaallah jatuh pada hari Senin memiliki banyak keutamaan," ujarnya pada Jumat (05/08/2022). 

 

Ia menambahkan, Nabi bersabda, barang siapa berpuasa di hari asyura (10 muharram) maka orang itu akan diberi pahala 10 ribu malaikat dan diberi pahala layaknya 10 ribu orang haji dan umroh. Selain itu juga diberi pahala 10 ribu orang mati syahid.

 

"Juga siapapun yang mengusap kepala anak yatim (mengasihi anak yatim dengan cara di santuni dan lain-lain) maka Allah SWT akan mengangkat satu derajat dari setiap helai rambutnya," jelasnya. 

 

Ustadz Kholili menambahkan, barangsiapa memberi makanan buka kepada orang mukmin yang berpuasa di malam Asyura (10 muharram) maka pahalanya seperti menjamu dan mengenyangkan seluruh umat Nabi Muhammad SAW.

 

"Bagi siapapun yang melapangkan (memberi nafkah atau harta yang banyak kepada keluarganya (Istri, anak, dan orang yang wajib dinafkahi) maka orang tersebut akan diberi kelapangan rezeki (banyak rezeki, dan harta) sepanjang tahun itu," tambahnya.

 

Kemudian, Ustadz Kholili melanjutkan, mengutip dalam kitab I'anatut tholibin di sebutkan, keutamaan dan pahala yang akan didapatkan ketika beribadah di hari Asyura.

 

Dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa hari pertama turunnya hujan yaitu pada hari Asyura. Dan pertama kali nya Rahmat diturunkan ke bumi yaitu pada hari Asyura. 

 

"Maka siapa yang puasa pada hari Asyura maka seakan dia telah berpuasa sepanjang tahun. Dan puasa Asyura ini adalah puasanya para nabi. Dan siapa yang menghidupkan malam Asyura dengan beribadah maka seakan-akan dia telah melakukan ibadah nya penduduk tujuh langit," ungkapnya. 

 

Lebih lanjut, siapa yang sholat 4 rakaat pada hari Asyura ini, setiap setelah Fatihah membaca surat Al ikhlas 51 maka dimaafkan baginya dosa 50 tahun. Dan siapa memberi minum satu teguk minuman pada hari Asyura maka diberi minum kelak pada hari kiamat dengan segelas air yang tak akan ada haus lagi setelah meminumnya.

 

"Seakan-akan tidak pernah berdosa dalam sekejap pun. Setelah itu siapa yang bersedekah maka seakan-akan dia tidak menolak atau tidak pernah menolak orang yang minta-minta. Dan siapa yang mandi dan bersuci pada hari Asyura maka dia tidak akan sakit kecuali sakit yang mengantarkan pada kematian," katanya. 

 

Dan siapa yang mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik pada anak yatim maka seakan-akan dia telah berbuat baik pada semua anak yatim yang merupaka anak cucu nabi Adam.

 

"Dan siapa yang menjenguk orang sakit pada hari Asyura maka seperti halnya dia telah menjenguk semua orang sakitnya anak cucu nabi Adam," pungkasnya.


Daerah Terbaru