• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Terima 3 Wakaf Tanah, MWCNU Jombang Kota Tekankan Pentingnya Penjagaan Aset

Terima 3 Wakaf Tanah, MWCNU Jombang Kota Tekankan Pentingnya Penjagaan Aset
Ikrar wakaf tanah MWCNU Jombang Kota. (Foto: Istimewa)
Ikrar wakaf tanah MWCNU Jombang Kota. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Aset tanah atas nama nadhir wakaf Majelis Wakil Cabang (MWCNU) Kecamatan Jombang Kota, Kabupaten Jombang makin bertambah. Ini setelah menerima wakaf tiga bidang tanah dari warga setempat. Ikrar wakaf tanah tersebut dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jombang beberapa waktu terakhir.

H. Abd. Basit, Sekretaris MWCNU Jombang mengatakan, ikrar wakaf nadhir telah diterima langsung oleh KH. Asyharun Nur, Ketua MWCNU Jombang. Dan dipandu oleh H. Hasanuddin, Petugas Pencatat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) dan didampingi Ach. Munzir sebagai Penyuluh Agama Islam bidang wakaf Kecamatan Jombang.

"Ketiga wakif tersebut, pertama dari Kutikah, mewakafkan tanah untuk mushala Hasbulloh di Jl. Kapten Tendean, Desa Sengon, Jombang. Yang kedua dari Indanah, mewakafan tanah untuk mushala Nurul Iman di Jl. Dewi Sartika, Desa Sengon, Jombang. Yang ketiga, dari wakif untuk mushala ar-Rohman Pulo Kulon, Jombang," jelasnya, Sabtu (28/8).

Ia mengatakan, ikrar wakaf sangat penting dilakukan di tubuh NU. Tujuannya untuk mengorganisasi dan melembagakan aset-aset NU agar secara fisik terjaga dan tidak mudah beralih tangan.

"Sertifikasi aset NU selain untuk pemeliharaan fisik juga demi menjaga dan mengamankan ideologi dan budaya generasi NU serta mewujudkan koordinasi dan komunikasi melalui Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) dan MWCNU di Jombang," tuturnya.

Ia berharap, pelembagaan sejumlah aset yang dilakukan di MWCNU Jombang Kota dan beberapa ranting NU-nya dapat mendorong pengurus NU yang lain untuk melakukan hal yang sama. Baik itu tanah untuk kepentingan masjid, madrasah, maupun wakaf produktif.

"Ini merupakan langkah yang patut ditiru oleh ranting-ranting NU lainnya, terbukti di Kecamatan Jombang kurang lebih 60 aset NU sudah diwakafkan nadhir organisasi MWCNU Jombang. Semoga membawa berkah dan menjadi contoh bagi warga NU juga pengurus MWCNU di Kabupaten Jombang," pungkasnya.

Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad 


Editor:

Daerah Terbaru