• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

PCNU Segera Bangun Kantor di Tiga Ranting

PCNU Segera Bangun Kantor di Tiga Ranting
Suasana Sidang Pleno Muskercab V PCNU Jombang (foto : Istimewa)
Suasana Sidang Pleno Muskercab V PCNU Jombang (foto : Istimewa)

NU Online Jombang,
Mendekati penghujung masa khidmat, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) akan segera melakukan uji coba pembangunan kantor NU di tiga Ranting NU demi memaksimalkan kerja-kerja organisasi. Tiga ranting yang akan melaksanakan uji coba pembangunan adalah, ranting Denanyar, ranting Tunggorono dan ranting Tanggalrejo.

Menurut Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang, Salmanudin Yazid, uji coba program pembangunan kantor NU ini akan dilakukan di tiga ranting tersebut karena,  ketiganya merupakan ranting yang memiliki tanah seluas 10x20 meter persegi yang sudah diwakafkan ke NU.

"Karena sudah tersedia tanah wakaf untuk NU, maka tiga ranting ini yang akan diberi pendampingan oleh PCNU Jombang dalam melakukan pembangunan kantor. Sementara itu, untuk program pembangunan kantor baru bagi ranting yang lain belum diputuskan dalam Muskercab maupun rapat kerja PCNU sendiri." jelasnya saat Musyawarah kerja Cabang (Muskercab) ke-5 di gedung kantor PCNU Mojoagung, Minggu (05/9).

Ia menambahkan, pembangunan kantor NU tersebut diharapkan dapat menunjang gerakan dakwah NU baik dalam bidang pendidikan dan ekonomi. Selain itu, dengan adanya kantor, warga NU dapat lebih mudah untuk mengurus administrasi nahdliyin.

"Harapan saya, kantor NU di setiap ranting bisa menjadi pusat pendataan warga NU, pengelolaan ekonomi warga NU dan lain sebagainya. Intinya, kantor memiliki fungsi yang sama seperti kantor desa, dimana masyarakat yang membutuhkan bantuan tentang NU dapat mendatangi kantor," jelasnya.

Gus Salman menambahkan, dengan adanya kantor di setiap ranting akan membantu kerja-kerja PCNU karena seluruh administrasi nahdliyin dapat terdata dan termonitoring dengan baik. Selain itu, menurutnya, dengan adanya kantor NU di tiap ranting juga dapat membendung adanya aliran-aliran yang tidak jelas dimasyarakat.

Menurut Gus Salman, menjelang lima tahun masa kepengurusan, telah melaksanakan program prioritas dalam bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Program prioritas yang dimaksud adalah program dari tanfidziyah. Sementara itu, Syuriyah PCNU akan fokus dalam penguatan syuriyah di masing-masing kecamatan atau Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) se-Kabupaten Jombang.

"Program yang terencana secara fisik sudah dilaksanakan. Sementara untuk program prioritas akan direalisasikan melalui program kerja lembaga-lembaga dan badan otonom PCNU Jombang," pungkasnya.

Kontributor : Septy Yuanita
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru