• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Mitra

Ini Sejumlah Lembaga dan Banom NU yang Kerja Sama dengan BMTNU

Ini Sejumlah Lembaga dan Banom NU yang Kerja Sama dengan BMTNU
Rekening BMTNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Rekening BMTNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Kepala Bagian Operasional Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Kabupaten Jombang, Rusydia Mufidah menyampaikan, BMTNU terbuka untuk menjalin kerja sama dengan beberapa pihak atau lembaga. Terlebih dengan internal lembaga NU.


Sejauh ini, lembaga dan badan otonom (Banom) NU yang sudah bersepakat menjalin kemitraan seperti Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU, Fatayat, Muslimat, dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser).


Perempuan yang biasa dipanggil Fida itu menjelaskan bahwa, kerja sama dengan Fatayat atau Muslimat sejak awal berdirinya BMTNU, yakni tahun 2013. Bentuk kerja sama yang dijalan di antaranya penyimpanan dana kas.
 

Sementara kerja sama dengan LAZISNU sudah dilakukan sejak tahun 2019. LAZISNU membuka rekening di BMTNU, Jaringan Pengumpul Zakat Infak dan Sedekah (JPZJIS) dan Unit Pengelolan Zakat Infak dan Sedekah (UPZIS) dari berbagai cabang dapat dengan mudah menyetorkan zakat ke LAZISNU.


"Tentunya melalui cabang BMT yang ada di setiap kecamatan. Jadi, tanpa harus datang ke kantor LAZISNU. Jika LAZISNU membutuhkan laporan tabungan bisa cek di BMTNU pusat," papar Fida, Sabtu (4/12/2021). 


Dengan LP Ma'arif NU, BMTNU memberikan layanan kepada guru yang terdaftar sertifikasi. "Layanannya berupa pembiayaan jaminan sertifikasi guru," katanya.


Sementara itu, kerja sama dengan Banser terkait keamanan di setiap kantor BMTNU cabang. "Kami sudah menandatangi MoU antara BMTNU dengan Banser di kantor PCNU Jombang beberapa waktu lalu," ujarnya.


Di luar kerja sama tersebut, Fida menegaskan bahwa BMTNU dikelola oleh kader-kader NU sendiri yang memiliki kompetensi dalam bidang keuangan. Sejauh ini, pengelola BMTNU dari latar belakang NU yang beragam, ada dari kader Fatayat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU), Banser, dan lembaga NU lainnya.


Kontributor: Siti Ratna Sari
Editor: Ahmad 


Mitra Terbaru