• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Perjusa SMK Unggulan NU Mojoagung Hadirkan TNI dan Banser sebagai Instruktur

Perjusa SMK Unggulan NU Mojoagung Hadirkan TNI dan Banser sebagai Instruktur
Perjusa SMK Unggulan NU Mojoagung Hadirkan TNI dan Banser sebagai Instruktur. (Foto: Dok SMK Unggulan NU Mojoagung)
Perjusa SMK Unggulan NU Mojoagung Hadirkan TNI dan Banser sebagai Instruktur. (Foto: Dok SMK Unggulan NU Mojoagung)

NU Online Jombang,
Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran baru 2022, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan Nahdlatul Ulama (NU) Mojoagung, Kabupaten Jombang menggelar Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa), (22-23/7/2022).


Guru SMK Unggulan NU Mojoagung, Evitha Sulistyowati mengatakan, kegiatan tersebut dimulai dengan prosesi apel yang dilaksanakan pukul 14.00 WIB, dan dikuti 256 peserta didik baru.


"Setelah acara apel pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pembinaan kedisiplinan melalui pelatihan baris berbaris," kata perempuan yang akrab disapa Bu Evi itu, Sabtu (23/7/2022).


Ia menambahkan, SMK Unggulan NU Mojoagung cukup serius dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Hal itu dibuktikan dengan instruktur yang dihadirkan dari kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser).


"Ini adalah bentuk ikhtiar kami dalam mewujudkan siswa-siswi yang disiplin dalam bertindak, menghadirkan instruktur dari TNI dan Tentara Nahdlatul Ulama (TNU)/Banser. Ini tentu menjadi simbol, bahwa bersekolah di SMK Unggulan NU juga diajarkan nilai nasional diwakili oleh kedisiplinan TNI dan religius diwakili oleh militansi serta loyalitas TNU," katanya.


Wakil Kepala (Waka) Bidang Kesiswaan, Amir Syarifudin lebih jauh mengungkapkan, setelah kegiatan pembinaan kedisiplinan acara dilanjutkan dengan upacara api unggun.


"Setelah upacara api unggun, mereka para siswa-siswi menampilkan pentas seni yang termasuk ekstrakurikuler SMK Unggulan NU, di antaranya Pencak Silat Pagar Nusa dan teater Dermaga," ungkap pria yang akrab disapa Amir itu.


Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Mojoagung itu berharap, rangkaian kegiatan yang telah disusun sekolah bisa menambah semangat siswa-siswi baru dalam belajar.


"Semoga dengan suksesnya kegiatan MPLS ini, kita lebih semangat dalam membesarkan SMK kebanggaan keluarga besar NU ini," pungkasnya.


Daerah Terbaru