• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Penghimpunan Dana Meningkat, Banyak Warga Infak melalui UPZISNU

Penghimpunan Dana Meningkat, Banyak Warga Infak melalui UPZISNU
Data perolehan dana umat dikelola UPZISNU Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. (Foto: Istimewa)
Data perolehan dana umat dikelola UPZISNU Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Hasil penghimpunan dana Unit Pengelola Zakat Infak Zakat dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang mengalami peningkatan, tercatat bulan Juni memperoleh Rp10.824.200.


"Alhamdulillah tidak disangka ternyata banyak warga yang ingin berinfak maupun sedekah jika kita serius mengelolanya. Dan relawan kami bertambah yang akhirnya bisa tembus 10 juta lebih setiap bulan," kata Surya Nuruddin, Ketua UPZISNU Jombatan, Selasa (12/7/2022). 


Menurutnya, proses penggalian dana itu telah melebihi apa yang ia duga. Berkat kerja keras relawan dan kepercayaan para donatur pada UPZISNU.


"Awal mula UPZISNU ini berdiri di Januari 2021, kami menargetkan perolehan infak hanya dua juta per bulan dengan jumlah relawan 15 orang. Akan tetapi hasilnya malah dua kali lipat. Otomatis kami kaget sekali ternyata bisa melampaui target," ujarnya.


Ia menambahkan, UPZISNU Jombatan memiliki empat model sumber pendanaan. Selain itu ia mengoptimalkan 33 relawan yang tersebar di semua dusun di desa tersebut. 


"Relawan kami terdiri dari Muslimat, Fatayat, IPNU dan PPNU. Di masing-masing dusun tersebar lagi relawannya di setiap Rukun Tetangga (RT) sesuai dengan pengaturan wilayah. Di samping itu ada juga relawan yang mengkoordinir di jamaah yasin tahlil Ibu-ibu di setiap kali pertemuan," jelasnya. 


Berkat hasil tersebut, pria sapaan akrabnya Surya ini merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan relawan atas partisipasinya. Selain itu ia ingin meningkatkan pelayanan maupun kegiatan UPZISNU. 


"Kami ingin mengakomodir semakin banyak warga yang ingin sedekah baik melalui Gerakan Infak Receh (GIR) lewat kaleng maupun transfer yang sekarang lebih mudah dengan menggunakan aplikasi di Handphone," imbuhnya.


Daerah Terbaru