• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

160 Paket Bantuan Diberikan UPZISNU Kesamben untuk Warga Terdampak Banjir

160 Paket Bantuan Diberikan UPZISNU Kesamben untuk Warga Terdampak Banjir

NU Jombang Online,
Unit Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur memberikan bantuan kepada korban terdampak banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kesamben, Sabtu (4/5).

Bantuan berupa 160 paket mamin (makanan minuman) ringan itu disalurkan secara langsung oleh pengurus UPZISNU Kesamben dibantu beberapa anggota Tim SAR Banser Tanggap Bencana (Bagana) Satkoryon Kesamben.

Sebagian paket bantuan dititipkan di Posko Siaga yang bertempat di rumah Kepala Dusun Beluk. Bantuan ini juga nanti akan disalurkan oleh sejumlah RT di wilayah tersebut dengan merata. 

Ketua UPZISNU Kesamben, Nuruddin Suryanulloh mengatakan, banjir yang mengepung kediaman warga di kawasan ini sudah hampir satu minggu, terhitung sejak Rabu lalu. "Ini adalah banjir yang terparah karena ditahun-tahun sebelumnya juga terjadi banjir cuma tidak seperti sekarang ini yang mana debit air sampai masuk ke rumah-rumah warga," katanya.

Dari saking parahnya, imbuh dia, sebagian warga tidak bisa istirahat dengan tenang, lantaran tempat tidurnya terendam air. "Ada pula yang bisa tidur cuma harus dengan duduk," tambahnya.

Di samping itu, menurut data yang ia himpun, beberapa peralatan sekolah anak-anak di kawasan ini ikut terhanyut. Seperti tas, sepatu dan buku ajar serta buku tulis.

"Pada situasi ini warga cuma bisa pasrah dengan menunggu sambil duduk di badukan teras rumah dan menatap aliran yang mengalirnya cukup deras," tuturnya.

Diperkirakan ketinggian air yang mengelilingi kediaman warga kurang lebih 105 cm. "Itu masih ada lagi yang lebih parah di daerah paling timur dari Dusun Beluk yang menjadi jurusan kota Mojokerto. Karena debit air pada hari ini meningkat 5 cm dari hari Jumat kemarin," ucapnya.

Terkait sumber dana bantuan yang disalurkan, Surya menjelaskan berasal dari patungan jajaran pengurus UPZISNU tingkat kecamatan juga UPZISNU yang desa-desa di Kecamatan Kesamben. Dana keseluruhan terkumpul Rp 3.500.000.

"Ada juga sebagian dari pengurus MWCNU. Bahkan PC LAZISNU Kabupaten Jombang pun ikut mensupport sehingga terkumpul dana sebesar itu," tuturnya.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa meringankan beban bagi para korban. "Kepada para donatur dan relawan, mudah-mudahan bisa menjadi washilah turunnya ridha Allah SWT kepada kita semua," pungkasnya. (Syamsul Arifin)


Editor:

Daerah Terbaru