• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

JELANG KONFERCAB NU

Panitia Tegaskan Seminar Prakonferensi Cabang NU Jombang Siap Digelar

Panitia Tegaskan Seminar Prakonferensi Cabang NU Jombang Siap Digelar
Rapat final cheking seminar prakonferensi cabang Nahdlatul Ulama Jombang. (Foto: Istimewa)
Rapat final cheking seminar prakonferensi cabang Nahdlatul Ulama Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Seminar prakonferensi cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang dipastikan terselenggara pada Ahad (20/3/2022) di gedung serbaguna Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat. Jadwal ini tetap sesuai dengan rencana awal.


Kepastian tersebut setelah panitia menyelenggarakan rapat final checking di kantor PCNU Jombang, Selasa (15/3/2022). Masing-masing divisi kepanitiaan terus mempersiapkan segala kebutuhan seminar.


Koordinator seminar prakonferensi, H Hadi Syaifuddin menyampaikan, persiapan kegiatan sudah sekitar 90 persen. Ada sisa waktu 5 hari untuk melengkapi dan menyempurnakan semua kesiapan seminar. Dirinya optimis kegiatan tersebut akan terselenggara dengan lancar.


"Kita sudah komunikasi dengan para narasumber. Sudah sambung, meski belum secara keseluruhan. Sebagain sudah memastikan kehadirannya," ujarnya.

 

Baca juga: Nahdliyin Jombang Harus Ikut, Ini Topik dan Pembicara Seminar Prakonfercab PCNU


Menurut hasil rapat sebelumnya, pembicara seminar terdiri dari 5 orang. Pertama, H Amir Maliki Abitolkhah, Rektor Undar menyampaikan tentang peran strategis NU dalam pendidikan bangsa melalui penguatan Aswaja, jamiyah, dan jamaah menuju satu abad NU Jombang yang mandiri.


Kedua, Anton Muhibudin, Rektor Unwaha Jombang akan membincang peran strategis NU dalam menumbuhkembangkan pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani Jombang. 


Ketiga, H Machwal Huda Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jombang akan mengupas terkait langkah-langkah yuridis formal DPRD Jombang dan pemerintah daerah dalam mewujudkan kebijakan yang mengutamakan masyarakat kecil, termasuk warga NU.

 

Baca juga: PCNU Jombang Putuskan Pelaksanaan Konfercab 5 Juni 2022


Keempat, Danang Praptoko, Kepala Bappeda Pemkab Jombang membedah pembangunan Kabupaten Jombang menuju masyarakat Jombang yang sejahtera melalui pola pembangunan yang sinergis dan simbiosis mutualisme antara pemerintah daerah dan NU. 


Kelima, H Muslimin Abdilla, Wakil Ketua PCNU Jombang akan membicarakan tentang analisis SWOT NU Jombang dalam menguatkan Aswaja, jamiyah, dan jamaah menuju satu abad NU Jombang yang mandiri.


H Hadi Syaifuddin mengatakan, seminar akan disiarkan secara langsung melalui sosial media yang dimiliki NU Online Jombang. Karenanya, warga NU yang tidak masuk lis undangan masih bisa mengikuti secara virtual.


"Kita sepakat mengundang tiga orang dari masing-masing Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Jombang, semua PCNU Jombang dari unsur syuriyah dan tanfidziyah, tim penyusun materi Konfercab, tiga dari pengurus lembaga PCNU Jombang, tiga dari perwakilan badan otonom (Banom) NU, dan dua dari perwakilan 10 pesantren di Jombang," jelasnya.

 

Baca juga: PCNU Jombang Gagas Pendirian Badan Khusus, Pengurusnya 6 Orang


Seminar ini penting diikuti oleh masyarakat NU Jombang, karena di samping akan menambah wawasan, juga menjadi bahan penyusunan materi konferensi cabang (Konfercab) NU Jombang, yang dituangkan dalam materi rekomendasi Konfercab.


Editor:

Daerah Terbaru