• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 29 Juni 2022

Daerah

JELANG KONFERCAB NU

PCNU Jombang Putuskan Pelaksanaan Konfercab 5 Juni 2022

PCNU Jombang Putuskan Pelaksanaan Konfercab 5 Juni 2022
Kantor PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Kantor PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang sudah memutuskan pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU pada 5 Juni 2022 mendatang, tepat pada hari Ahad di gedung serbaguna PCNU Jombang. Diputuskan juga panitia inti yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara. Keputusan ini diambil melalui rapat gabungan antara pengurus tanfidziyah dan syuriyah pada Januari 2022 lalu.


"Konfercab sudah diputuskan secara bersama-sama oleh jajaran PCNU. Temanya, 'Meneguhkan Aswaja, Menguatkan Jam'iyah dan Jama'ah Menuju Satu Abad NU Jombang'," kata Ketua Pelaksana Konfercab, H Azam Choiruman Najib, Selasa (22/2/2022).


Ia menyampaikan, sejak ada keputusan tersebut, panitia inti kemudian melengkapi susunan kepanitiaannya. Struktur kepanitiaan dibagi menjadi berbagai komponen divisi. "Di antaranya ada divisi tim evaluasi dan tim materi yang sampai sekarang masih terus bekerja," jelasnya. 


Dua unsur ini menurutnya mempunyai tugas yang memang cukup banyak dan menentukan kesuksesan Konfercab, termasuk dampak pada roda organisasi pada kepengurusan selanjutnya. Karena itu, lanjut pria yang kerap disapa Gus Heru ini, waktu Konfercab harus diputuskan jauh-jauh hari sebelumnya agar persiapannya benar-benar matang. 


Gus Heru menjelaskan, bahwa panitia juga memutuskan kegiatan-kegiatan prakonfercab. Pertama, perayaan hari lahir (Harlah) ke-99 NU yang sudah diselenggarakan pada 17 Februari kemarin. Kedua, peresmian kantor lembaga PCNU Jombang yang dilaksanakan bertepatan pada waktu resepsi Harlah. Ketiga, seminar. 


"Untuk waktu seminar ini diputuskan pada 20 Maret 2022 mendatang di gedung serbaguna PCNU Jombang," tuturnya.


Pada seminar tersebut mengundang tiga narasumber dari luar struktural NU dan satu internal PCNU Jombang. Tujuannya, pembicara yang dominan dari eksternal itu dapat memberikan pandangan atau masukan terhadap NU Jombang dari berbagai aspek, mulai dari organisasi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.


"Fokus bahasanya emang sangat spesifik, karena hasil dari seminar tersebut akan menjadi bahan acuan dalam penyusunan materi Konfercab oleh tim materi agar lebih tajam, karena ada input dari luar," terangnya.


Gus Heru berharap, panitia di semua seksi dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan semaksimal mungkin. Rentang waktu yang masih tersisa sekitar 4 bulanan itu tidak sampai membuat panitia mengentengkan tugasnya. Semua panitia harus saling berkoordinasi dan menyelenggarakan rapat secara berkala untuk memastikan persiapan-persiapan yang harus dilakukan.


Bila ada kendala, lanjutnya, sesegera mungkin dikomunikasikan dengan Organizing Committee (OC), bila problemnya cukup krusial, OC akan mengkomunikasikan kepada panitia yang ada di struktur Steering Committee (SC).


Editor:

Daerah Terbaru