• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

JELANG KONFERCAB NU

Nahdliyin Jombang Harus Ikut, Ini Topik dan Pembicara Seminar Prakonfercab PCNU

Nahdliyin Jombang Harus Ikut, Ini Topik dan Pembicara Seminar Prakonfercab PCNU
Rapat koordinasi tim penyusun materi dan seminar prakonfercab. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Rapat koordinasi tim penyusun materi dan seminar prakonfercab. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang,
Panitia seminar Nahdlatul Ulama (NU) terus mematangkan segala persiapannya. Seminar dalam rangka prakonferensi cabang NU Kabupaten Jombang itu akan diselenggarakan pada Ahad, 20 Maret 2022 di gedung serbaguna Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang.


Penanggung Jawab Seminar, H Hadi Syaifuddin menyampaikan, bahwa acara tersebut merupakan ikhtiar PCNU Jombang untuk menyerap data-data penting yang disampaikan narasumber, selanjutnya dijadikan bahan pertimbangan dalam merumuskan materi rekomendasi Konfercab PCNU Jombang.


"Tiga pokok bahasan yang disepakati adalah tentang pendidikan, kesehatan, dan pertanian yang diturunkan dari rencana pembangunan Kabupaten Jombang RPJPD, RPJMD, RKPD," katanya usai rapat koordinasi pantai di kantor PCNU Jombang, Senin (28/2/2022).

 

Baca juga: PCNU Jombang Putuskan Pelaksanaan Konfercab 5 Juni 2022


Sementara narasumber yang akan diundang, pertama, H Amir Maliki Abitolkhah, Rektor Undar menyampaikan tentang pendidikan. Kedua, H Machwal Huda, Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jombang mengupas terkait pemerintahan. Ketiga, Anton Muhibudin, Rektor Unwaha Jombang, akan menyampaikan soal pertanian. Keempat, Danang Praptoko, Kepala Bappeda Pemkab Jombang membedah tentang perencanaan pembangunan daerah. Kelima, H Muslimin Abdilla, Wakil Ketua PCNU Jombang.


"Semoga semuanya bisa memenuhi permintaan kami menjadi pembicara. Tetapi sebelum mereka nanti menyampaikan materinya masing-masing, ada keynote speaker oleh Ketua PCNU Jombang KH M Salmanudin Yazid," ungkapnya. 


Wakil ketua PCNU Jombang ini, mengutarakan, konsep di atas terdapat perubahan. Hasil diskusi dalam rapat sebelumnya mengangkat topik yang lebih umum dengan narasumber yang berbeda.

 

Baca juga: Agendakan Seminar, PCNU Jombang Ingin Pertajam Bahan Rekomendasi Konfercab


Hal itu menurutnya dinamika biasa, buah dari perkembangan diskusi yang hidup antara panitia seminar dengan beberapa seksi panitia Konfercab dan jajaran PCNU Jombang.


"Tapi prinsipnya adalah seminar ini untuk mempertajam bahan-bahan rekomendasi Konfercab untuk pemerintahan juga pihak swasta yang nanti akan disusun oleh tim penyusun materi Konfercab," terangnya.


Ia menambahkan, peserta seminar dari internal NU dan pesantren. Tiga orang dari masing-masing Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Jombang, semua PCNU Jombang dari unsur syuriyah dan tanfidziyah, tim penyusun materi Konfercab, tiga dari pengurus lembaga PCNU Jombang, tiga dari perwakilan badan otonom (Banom) NU, dan dua dari perwakilan 10 pesantren di Jombang. 

 

Baca juga: Susunan Panitia Konfercab PCNU Jombang, Lengkap


"Total pesertanya kurang lebih 209 orang. Kami berharap semuanya bisa hadir mengikuti sampai selesai, sehingga bisa memperkaya wawasan tentang tiga topik besar yang dibahas," harapnya.


Editor:

Daerah Terbaru