• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Kantor PRNU Tejo Ditarget Selesai Sebelum Konfercab PCNU

Kantor PRNU Tejo Ditarget Selesai Sebelum Konfercab PCNU
Peletakan batu pertama gedung PRNU desa Tejo, Kecamatan Mojoagung (Foto : NU Online/dok PRNU Tejo)
Peletakan batu pertama gedung PRNU desa Tejo, Kecamatan Mojoagung (Foto : NU Online/dok PRNU Tejo)

NU Online Jombang,

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) desa Tejo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang segera memiliki kantor baru. Adanya kantor NU di tiap ranting juga dapat membendung adanya aliran-aliran yang tidak jelas di masyarakat. Lokasi pembangunan gedung NU berada tepat di pertigaan jalan RT 1, Dusun Klampisan, desa Tejo.

 

Ketua PRNU Tejo, H Muhammad Na'am Nur mengatakan, berawal dari rapat konsolidasi di pondok pesantren Babussalam Kalibening, Mojoagung, Pengurus Cabang (PC) NU Jombang mempunyai program besar. Salah satunya adalah membuat 318 kantor ranting NU se-Jombang. 

 

"Saya ingat waktu itu Gus Didin dan Gus Rijal menyampaikan hal itu, langsung pikiran saya itu melayang. Artinya membayangkan. Seumpama kantor-kantor ranting itu ada di setiap desa, alangkah indahnya," kata pria yang disapa H Na'am itu.

 

Karena hal itu, H Na'am mengajak PRNU Tejo lainnya berdiskusi untuk menindaklanjuti niatan baiknya membangun gedung NU di Tejo.

 

"Setelah itu, saya ke Pak Lurah untuk bertanya apakah ada tanah yang bisa dibuat membangun gedung NU," ujarnya.

 

Kemudian, muncul wacana bahwa ada salah satu masyarakat yang mau mewaqafkan tanahnya untuk Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). H Na'am beserta PRNU Tejo kemudian bersilaturrahim di kediaman pemilik tanah, di Gedangan Mojokerto.

 

"Saya sampaikan niat kami untuk membangun gedung itu. Kemudian, orangnya bilang sampean butuh piro? Alhamdulillah semua dimudahkan oleh Allah. Saya tunjukkan kebutuhannya sesuai standar PCNU dalam pembangunan kantor berukuran 7x12m," jelasnya.

 

H Na'am sangat bersyukur, KH Salmanudin Yazid, ketua PCNU mendukung penuh pembangunan gedung NU di Tejo. Di awal, pihaknya hanya memiliki dana 20 juta rupiah untuk pembangunan gedung NU tersebut. Namun, semakin hari dana pembangunan semakin bertambah, salah satunya adalah bantuan dari Gus Salman sendiri.

 

"Saya besar hati atas dukungan dari Gus Salman. Alhamdulillah hari ini Gus Salman juga saget rawuh, insyaallah beliau yang akan meletakkan batu pertama di pembangunan gedung NU," tegas H Na'am.

 

PRNU Tejo menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan gedung NU sebelum Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU Jombang.

 

"Jika ada molornya, akhir tahun insyaallah sudah selesai," pungkasnya.


Daerah Terbaru