• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

JELANG KONFERCAB NU

Agendakan Seminar, PCNU Jombang Ingin Pertajam Bahan Rekomendasi Konfercab

Agendakan Seminar, PCNU Jombang Ingin Pertajam Bahan Rekomendasi Konfercab
Rapat koordinasi panitia seminar pra Konfercab PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Rapat koordinasi panitia seminar pra Konfercab PCNU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang melalui panitia Konferensi Cabang (Konfercab) mengagendakan seminar pada 20 Maret 2022 mendatang di gedung serbaguna PCNU Jombang. Pesertanya dari perwakilan semua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), lembaga, dan badan otonom (Banom) NU. 


Acara tersebut digelar untuk menambah wawasan sekaligus mendapatkan masukan dari para pembicara sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan materi Konfercab, khususnya pada materi rekomendasi organisasi.


"Narasumbernya mayoritas dari luar struktural NU. Kita ambil dari berbagai latar belakang, mulai dari akademisi, eksekutif, hingga pemerhati kebijakan publik," kata Penanggung Jawab Seminar, H Hadi Syaifuddin, Jumat (25/2/2022).


Kendati demikian, Wakil Ketua PCNU Jombang ini menggarisbawahi bahwa pihak luar yang nanti akan diundang menjadi pembicara harus tetap mengerti tentang NU, terlebih terhadap PCNU Jombang. Hal ini untuk mamastikan topik yang disampaikan tidak keluar dari rel dan tujuan awal diadakannya seminar.


"Tentu mereka para narasumber adalah orang-orang yang masih paham terkait NU di Jombang. Untuk nama-namanya masih kita godok bersama panitia yang lainnya," ujarnya.


Sementara itu, Koordinator Tim Penyusun Materi Konfercab, H Muslimin Abdilla menjelaskan, bahwa rekomendasi organisasi adalah bagian dari butir yang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) NU pasal 79. Bahwa dalam Konferensi Cabang membicarakan dan menetapkan salah satunya materi rekomendasi organisasi.


Rekomendasi organisasi tersebut diperuntukkan kepada pihak luar yang memiliki pengaruh kepada Nahdlatul Ulama, baik secara jamiyah (organisasi) maupun secara jamaah (warga). Pengaruh ini terutama terkait dengan bagaimana kebijakan publik tentang anggaran bagi pelayanan publik disusun dan diprioritaskan.


"Pihak luar yang memiliki pengaruh besar terutama Pemerintah Kabupaten Jombang, bersama-sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jombang serta instansi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jombang. Rekomendasi kepada pihak luar juga bisa disampaikan kepada pihak swasta yang memiliki pengaruh," terangnya.


Untuk membuat rumusan tersebut, lanjutnya, seminar tentang peran NU Jombang turut meningkatkan kemaslahatan publik adalah langkah yang disepakati oleh paniai Konfercab. 


Editor:

Daerah Terbaru