• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

Masbar, Upaya Menigkatkan Eksistensi Amaliyah NU bagi Pelajar

Masbar, Upaya Menigkatkan Eksistensi Amaliyah NU bagi Pelajar
Shalawat bareng IPNU-IPPNU Jombang Kota. (Foto: IPNU-IPPNU Jombang Kota)
Shalawat bareng IPNU-IPPNU Jombang Kota. (Foto: IPNU-IPPNU Jombang Kota)

NU Online Jombang,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan/Kabupaten Jombang menyelenggarakan Majelis Shalawat Bareng (Masbar) di Balai Desa Candimulyo, Jombang. 


Wakil Ketua Bidang Departemen Dakwah dan Pengembangan Lingkungan IPNU-IPPNU Jombang Kota, Arinta Febiola mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan eksistensi amaliyah-amaliyah NU di kalangan pelajar. Pasalnya, amaliyah-amaliyah NU di kalangan pelajar mulai berkurang saat ini.


“Melalui kegiatan Masbar ini, menjadikan langkah bagi kita untuk meningkatkan eksistensi amaliyah-amaliyah NU, berdakwah juga sebagai wadah silaturahim antarpelajar NU,” ujarnya, Jumat (4/3/2022).


Sementara itu, Ketua Panitia, Muhammad Hilman menyampaikan, Masbar ini juga sebagai tindak lanjut dari Rapat Pimpinan Anak Cabang (Rapimancab) yang menghasilkan sebuah formula baru terkait diba' qubro.


“Diba' qubro yang biasanya diadakan di setiap ranting kini dikemas menjadi Masbar dan diwadahi oleh PAC IPNU-IPPNU Jombang Kota. Pelaksanaannya sendiri, dilaksanakan setiap bulan dan keliling pada seluruh ranting-ranting se-Kecamatan Jombang,” ungkapnya.


Ia menegaskan, tujuan diadakan Masbar untuk mempertahankan dan melestarikan tradisi NU yakni pembacaan shalawat. Di samping itu mewadahi minat dan bakat setiap kader IPNU-IPPNU se-Kecamatan Jombang dalam seni tarik suara.


“Masbar juga menjadikan hubungan yang semakin erat antara PAC IPNU-IPPNU Jombang dengan seluruh ranting di kecamatan Jombang. Erat atau tidaknya hubungan antara kedua belah pihak tersebut sangat mempengaruhi kemajuan dan kinerja dari PAC IPNU-IPPNU Jombang Kota dan seluruh PR maupun PKPP se-Kecamatan Jombang,” jelasnya.


Ia mengatakan, tak hanya sekadar bershalawat bareng, Masbar juga mengundang pemateri untuk memberikan mauidzah hasanah, yaitu bapak KH Abdul Basit Misbachul Fitri, Ketua Ranting NU Desa Sengon sekaligus menjadi Sekretaris Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Jombang.


"Saya juga mengharapkan semoga kegiatan ini dapat mencapai goal yang telah ditentukan serta dapat merekatkan hubungan antara PAC IPNU-IPPNU Jombang dengan seluruh ranting yang ada di kecamatan Jombang," pungkasnya.


Masbar dihadiri sekitar 70 orang lebih, yang terdiri dari pengurus PAC IPNU IPPNU Jombang kota, Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisariat (PK) dan Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) se-Kecamatan Jombang, dan masyarakat umum. 


Daerah Terbaru