• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

Haul ke-45 KH Bisri Syansuri, Jamaah Ishari Padati Masjid Jami' Denanyar

Haul ke-45 KH Bisri Syansuri, Jamaah Ishari Padati Masjid Jami' Denanyar
Jamaah Ishari dalam rangkaian Haul ke-45 KH Bisri Syansuri. (Foto: M Rufait Balya Barlaman)
Jamaah Ishari dalam rangkaian Haul ke-45 KH Bisri Syansuri. (Foto: M Rufait Balya Barlaman)

NU Online Jombang,

Anggota Pengurus Cabang (PC) Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) Kabupaten Jombang memadati Masjid Jami' Denanyar, Kabupaten Jombang, Rabu (10/01/2024). Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Haul ke-45 KH Bisri Syansuri dan Harlah ke-109 Pesantren Mamba'ul Ma'arif.

 

Kesenian Ishari sendiri, didirikan oleh KH Abdul Wahab Chasbullah yang tak lain adalah kakak ipar KH Bisri Syansuri. Maka dari itu wasiat Mbah Bisri, agar selalu mengadakan kegiatan Ishari ini meskipun beliau telah tiada.

 

Sementara itu, Agus H. Sholahuddin Fathurrahman atau yang akrab dipanggil Gus Amang sangat menyambut baik acara ini, dan juga mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi jamaah yang hadir.

 

"Bahwa ISHARI ini, merupakan forum/majlis yg pada intinya adalah untuk melestarikan budaya kesenian dalam rangka membaca shalawat. Maka jangan sampai kesenian ini berhenti, dan bagi para santri agar ikut melestarikan ila yaumil qiyamah," ujar Gus Amang

 

Ia berharap, jamaah yang hadir ini, tidak hanya menjadi umatnya Rasulullah di dunia saja, akan tetapi juga mendapatkan syafaatnya agar kelak bisa bersama Kanjeng Nabi di surga-Nya Allah.

 

"Maka dari itu, orang ber-NU itu tidak hanya fikrah (ideologi/pemikiran) tapi juga secara harakah (gerakan), dan gerakan yang sudah ada ini dijga dan dibesarkan. Dan tugasnya para santri, khusunya santrinya Mbah Bisri ini harus bisa membesarkan dan menghidupkan ISHARI ini dimanapun kalian berada nanti," pungkas Gus Amang

 

Dalam lailatul hadrah ishari ini juga dihadiri oleh Pengurus Wilayah (PW) Ishari Jawa Timur KH Mahmud al-Qusairy, ribuan jamaah Ishari dari berbagai kecamatan di Jombang, dan segenap keluarga besar Pesantren Denanyar.

 

Kontributor: M Rufait Balya BarlamanĀ 


Daerah Terbaru