• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Pengajian Kitab Zubad, Upaya Melestarikan Ajaran KH Bisri Syansuri

Pengajian Kitab Zubad, Upaya Melestarikan Ajaran KH Bisri Syansuri
Pengajian kitab zubad. (Foto: M Rufait Balya Barlaman)
Pengajian kitab zubad. (Foto: M Rufait Balya Barlaman)

NU Online Jombang,

Bertepatan dengan momentum hari guru nasional, Pengurus Pusat Ikatan Alumni Pondok Pesantren Mamb'aul Ma'arif (IKAPPMAM) mengadakan pengajian rutinan matan zubad pada Sabtu (25/11/2023) yang diikuti oleh seluruh santri akhir, para alumni, dan simpatisan. 

 

Ketua Ikappmam Pusat Ustadz Aziz Jakfar menuturkan bahwa pengajian kitab zubad ini digagas sejak tahun 2021 atas persetujuan para alumni dan para masyayikh dalam acara Munas Ikappmam pertama lima tahun silam. 

 

"Kitab zubad ini kita pilih karena merupakan kitab yang simpel (pembahasannya tidak terlalu berat) dan juga termasuk kitab yang menjadi rutinan ngajinya Mbah Bisri dulu. Makanya kita dari unsur alumni dan santri ingin meneruskan amaliyah yang sudah diistikamahkan sama Mbah Kiai Bisri Syansuri dulu," terangnya 

 

Yang terpenting, lanjut Ustadz Aziz, pengajian kitab zubad ini ada karena ingin mewujudkan keinginan dan cita-cita para masyayikh. Ini juga untuk menghidupkan pengajian alumni agar halaqoh antara almuni, santri, dan kyai agar bisa terjaga. 

 

"Sekaligus kita ingin agar seluruh masyayikh yang hadir memberikan keberkahan kepada kita. Makanya setiap acara ini digelar kita selalu mengundang seluruh masyayikh Pesantren Denanyar yang ada," ujarnya.

 

"Semoga kita yang santri maupun alumni mampu menjadi penerus para pendahulu kita, dapat mewarisi apa yang telah dijarkan kepada kita, dan dapat meneruskan tongkat estafet dalam menjaga literatur-literatur lama (kitab kuning) dengan istikamah dan tentunya dengan mengamalkannya pula," tutupnya. 

 

Untuk diketahui, kitab zubad merupakan kitab yang mengulas hukum-hukum syariat (fikih) dengan sajian berupa kalam nadzhom (syi'ir-syi'iran).

 

Kitab ini menjadi kajian yang penting di Pesantren Denanyar karena Mbah KH Bisri Syansuri pada waktu mondok (nyantri) di Tebuireng selama kurang lebih 6 tahun mendapatkan ijazah (perkenan lisan) dari Hadratussyekh KH. Hasyim Asy'ari.

 

Ijazah itu ialah berupa mengajarkan kitab-kitab agama yang terkenal dalam literatur lama, salah satunya kitab zubad. Yang akhirnya menjadi salah satu kitab kegemaran Mbah Bisri. 

 

Sejatinya acara pengajian ini sudah menjadi acara rutinan di Pesantren Denanyar yang diasuh oleh seluruh masyayikh, di antaranya KH.l Abdussalam Shokhib, KH Ahmad Wazir Ali, KHbAbdul Wahab Kholil, KH Zainal Arifin Abu Bakar, KH Sholahuddin Fathurrahman, dan KH Ali Khidir. 

 

Sementara itu, terbaru, pengajian rutinan kitab zubad diajarkan oleh KH Ali Khidir dengan pembahasan bab zakat fitrah. 

 

Kontributor: M. Rufait Balya Barlaman


Daerah Terbaru