• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Hari Ini, Operasional BMT NU Jombang Diliburkan, Kembali Buka Senin 8 Mei 2023

Hari Ini, Operasional BMT NU Jombang Diliburkan, Kembali Buka Senin 8 Mei 2023
Ruang kerja BMT NU Jombang (pusat). (Foto: Tohari)
Ruang kerja BMT NU Jombang (pusat). (Foto: Tohari)

NU Online Jombang,
Segala aktivitas Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Kabupaten Jombang diliburkan hari ini, Sabtu (6/5/2023). Hal ini sebagaimana pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh BMT NU kemarin, Jumat (5/5/2023). 


"Diberitahukan kepada seluruh nasabah KSPPS BMT NU Jombang, bahwa hari Sabtu (6/5/2023) operasional kantor diliburkan," demikian pengumuman BMT NU Jombang melalui flyer yang ditujukan kepada para nasabahnya.


Pada informasi tersebut tertera waktu aktivitas BMT NU kembali normal seperti sedia kala, yakni pada hari Senin. Karena pada hari Ahad, BMT NU Jombang memang libur mengikuti kalender nasional. "Buka kembali hari Senin (8/5/2023)," begitu isi informasi BMT NU sekaligus menutup pengumuman yang disampaikan.


Kepala Bagian Operasional BMT NU Jombang, Rusydia Mufidah membenarkan terkait informasi yang dikeluarkan BMT NU di Kota Santri ini. Operasional BMT NU memang sementara diliburkan karena BMT NU menyelenggarakan Halal Bihalal (HBH) selepas Hari Raya Idul Fitri 1444 H. "Iya, BMT NU Jombang Halal Bihalal hari ini," ujarnya.


Halal Bihalal rutin digelar BMT NU Jombang setiap tahunnya setelah Hari Raya Idul Fitri. Halal Bihalal adalah sebuah tradisi untuk saling meminta maaf sekaligus memberi maaf kepada sesama. Tradisi ini sudah sejak lama mengakar di kalangan Nahdliyin, baik di lingkungan keluarga maupun di tempat kerja. Kini, budaya itu juga sudah kerap dilakukan oleh masyarakat umum.


Perempuan yang lebih akrab disapa Fida ini mengatakan, Halal Bihalal BMT NU Jombang digelar tidak saja sesama pengurus dan pengelola BMT NU se-Jombang, tetapi juga dengan unsur Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Jombang. Hal ini penting untuk menciptakan kebersamaan yang lebih jauh di antara pengelola BMT NU dengan elemen yang lain.


"Terkait tempat, panitia menyepakati diselenggarakan di kantor BMT NU Cabang Diwek yang dipusatkan di aula kantor MWCNU Diwek," ungkapnya.


Daerah Terbaru