• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 28 Mei 2024

Daerah

Guru Ngaji Punya Kebaikan yang Terus Mengalir

Guru Ngaji Punya Kebaikan yang Terus Mengalir
Peringatan Isra' Mi’raj dan sosialisasi metode Ummi. (Foto: NU Online Jombang/Ali Purnomo)
Peringatan Isra' Mi’raj dan sosialisasi metode Ummi. (Foto: NU Online Jombang/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,
Wakil Ketua Aswaja NU Center Jombang, H Achmad Roziqi memberikan wejangan di depan ratusan guru ngaji yang menggunakan metode Ummi di Jombang. Kegiatan ini dalam rangka peringatan Isra' Mi’raj dan sosialisasi program Ummi Daerah (Umda) Jombang, Senin (7/3/2022) di Madrasah Aliyah (MA) Ar Rahman, Dusun Sumoyono, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.


Dalam wejangannya, pria yang akrab disapa Ustadz Roziqi menyampaikan, guru ngaji merupakan pekerjaan yang mulia dan derajatnya sangat tinggi.


Lebih lanjut Ia menerangkan, puncak keilmuan adalah mengamalkan ilmu. Seperti halnya guru ngaji. Sebab menurutnya ilmu yang bermanfaat akan selalu mengalirkan kebaikan bagi yang mengamalkannya.


"Hadirin wal hadirat harus bangga jadi guru ngaji, baik guru TPQ maupun guru ngaji di sekolah, karena setiap lafal Qur’an yang dibaca santri dan murid, otomatis gurunya pun mendapatkan kebaikan tersebut," ujarnya.


Sementara itu pengurus Ummi Daerah (Umda) Jombang Munawaroh mengatakan, dalam upaya meningkatkan kualitas baca Al-Qur'an di madrasah ataupun di sekolah, banyak lembaga pendidikan di Jombang menerapkan metode ummi,


"Alhamdulillah perkembangan metode Ummi baik di TPQ maupun di sekolah sangat pesat," ujar Muna panggilan akrabnya.


Wanita yang juga sebagai manajer trainer Ummi itu menjelaskan, metode Ummi mengambil posisi sebagai mitra terbaik sekolah atau lembaga pendidikan dalam menjamin kualitas baca Al-Qur'an siswa- siswi. "Diperkuat dengan diferensiasi sebagai metode yang mudah, cepat namun berkualitas," jelasnya.


Saat ini terdapat 68 lembaga pendidikan di Jombang baik formal maupun non-formal telah menggunakan metode ummi.


"Perkembangan baca Qur'an metode Ummi di Jombang sangat masif sekali, ini berkat kerja keras panjenengan semua yang sudah mempercayakan program Al-Qur'an metode Ummi kepada kami," pungkasnya.


Daerah Terbaru