Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Tiga Hal Penting Harus Dilakukan Garda Bangsa Jombang agar kian Maju

Ketua DKC Garda Bangsa Kabupaten Jombang, Anas Burhani. (Foto: Istimewa)
Ketua DKC Garda Bangsa Kabupaten Jombang, Anas Burhani. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Garda Bangsa sebagai sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kini, tepat tanggal 11 Maret 2021 masuk usia ke-22 tahun. Usia yang masih cukup muda ini pengurus tentu perlu terus berinovasi untuk menjadikan partai besutan para kiai itu kian besar.

Sebagaimana yang dikemukakan Ketua Dewan Koordinator Cabang (DKC) Garda Bangsa Kabupaten Jombang, Anas Burhani, bahwa para pengurus Garda Bangsa penting terus berbenah diri dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para kader sebagai calon pemimpin masa depan.

Di samping itu, kaderisasi yang berkelanjutan di tubuh Garda Bangsa tentu tak bisa dinafikan. 

"Kaderisasi merupakan harga mati bagi keberlangsungan suatu organisasi. Namun, perlu diimbangi dengan SDM yang berkualitas tinggi agar kelak menjadi pemimpin yang berbobot dan progresif bermanfaat bagi orang banyak," ujarnya, Kamis (10/3)

Perihal yang sama disampaikan M Subaidi Muchtar, Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Jombang. Ia menyebut, setidaknya ada tiga hal penting yang harus dilakukan para pengurus Garda Bangsa agar lembaganya semakin maju.

"Pertama, melakukan konsolidasi organisasi di struktur Garda Bangsa. Ini harus dibenahi sampai menyentuh akar rumput, khususnya di kalangan milenial," katanya.

Kedua, lanjutnya, melakukan ideologisasi dan peningkatan kualitas SDM di kalangan pengurus, lebih-lebih mereka masih terkategori generasi milenial. Ini penting untuk menyiapkan anak muda yang siap memimpin di segala sektor pada masa yang akan datang.

"Terbukti bahwa anak muda sekarang sudah mulai dipercaya memimpin PKB di Jombang," tegas Ketua Fraksi PKB DPRD Jombang ini.

Ketiga, imbuhnya, Garda Bangsa Jombang perlu membuat berbagai pilot project dengan memanfaatkan kalangan anak muda sebagai penggerak perubahan dan transformasi sosial. Misalnya dengan cara mengeksplorasi potensi sosial ekonomi di Jombang.

Pihaknya meyakini, jika semua itu dilakukan, maka Garda Bangsa Jombang akan menjadi kekuatan generasi muda di Jombang dalam menyiapkan pemimpin masa depan.

Pewarta: Rohmad Adi
Editor: Ahmad