Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh

Daerah

Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Gelar Seminar Internasional Komite Hijaz

Seminar Internasional Komite Hijaz yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Jombang, Ahad (5/2/2023). Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti

NU Online Jombang,

Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menggelar Seminar Internasional Komite Hijaz dengan tema "Kepeloporan KH Abdul Wahab Hasbullah dalam Komite Hijaz & Pengaruhnya Terhadap Dunia Keislaman." Seminar diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Jombang, Ahad (05/02/2023).

 

KH Wafiyul Ahdi, Ketua Umum Ponpes Bahrul Ulum Jombang menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meramaikan peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan digelar di GOR Delta Sidoarjo 7 Februari mendatang. 


Baca Juga:
Jutaan Warga Akan Hadiri Satu Abad NU, Ketua Umum PBNU Imbau Jamaah Tetap Tenang

 

"Kami mengangkat hal ini di dalam Seminar karena dalam sejarah pendirian NU, Komite Hijaz memiliki hubungan yang erat. Hal ini juga yang menjadi cikal bakal pendirian NU," katanya. 

 

Gus Wafi sapaannya melanjutkan, sejak awal NU hadir untuk merespon kondisi dunia islam. Maka pihaknya menghadirkan dan mengenalkan kembali bagaimana Komite Hijaz agar Nahdliyin dan generasi muda lebih tahu. 

 

"Ada peran dari ulama Jombang yaitu KH Wahab Hasbullah untuk membawa aspirasi Ulama Indonesia untuk merespon dunia islam saat itu. Maka kita akan hidupkan kembali peran Ulama dan tokoh Komite Hijaz," ucapnya. 


Baca Juga:
Sambut 1 Abad NU, Ketum PBNU Ikuti Istighotsah Kubro di Jombang

 

Refleksi Komite Hijaz, lanjut Gus Wafi, akan terus digelar pada tahun-tahun mendatang. Karena menurut Gus Wafi, pendirian NU tidak dapat dipisahkan dengan Komite Hijaz.

 

Hadir dalam Seminar ini, seluruh Badan Otonom (Banom) NU. Pemerintah Kabupaten Jombang, Mahasiswa Luar Negeri Universitas Islam Negeri (UIN) Surabaya dan UIN Malang. Acara ini juga dihadiri Sastrawan sekaligus Budayawan KH Zawawi Imron.

Achmad Subakti
Editor: Nur Fitriana

Artikel Terkait