• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Daerah

Satu Abad NU, IPNU IPPNU Jombang Gelar Istighotsah dan Ijazah Kubro Rotibul Haddad

Satu Abad NU, IPNU IPPNU Jombang Gelar Istighotsah dan Ijazah Kubro Rotibul Haddad
Turut Menyongsong Satu Abad NU, IPNU IPPNU Jombang Gelar Istighosah & Ijazah Kubro Rotibul Haddad (Foto: NU Online/Ira Wahyu Wardhani)
Turut Menyongsong Satu Abad NU, IPNU IPPNU Jombang Gelar Istighosah & Ijazah Kubro Rotibul Haddad (Foto: NU Online/Ira Wahyu Wardhani)

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang turut menyongsong satu abad NU dengan mengadakan Istighotsah & Ijazah Kubro Rotibul Haddad.

 

Muhammad Wildan Adzim, Ketua IPNU PAC Jombang mengatakan, tema yang diambil dalam kegiatan ini diselaraskan dengan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada bulan Agustus ini yaitu menyongsong kemerdekaan serta menyongsong satu abad NU.

 

"Ini dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan dan satu abad NU agar ghiroh semangatnya rekan dan rekanita bisa istiqomah, serta menetralisir emosional dari kader-kader IPNU IPPNU,” ungkapnya.

 

Pelajar yang akrab disapa Wildan ini menjelaskan, rekan dan rekanita akan benar-benar all out dalam sumbangsih ide-ide gagasan pemikiran, finansial maupun tenaga. 

 

"Maka dari itu, PAC IPNU IPPNU Jombang ingin ada penyeimbang. Diantaranya dengan membumikan amaliah NU di kalangan pelajar. Di samping itu, semoga dapat selalu mengingat kembali sejarah perjuangan muassis dengan berziarah," jelasnya.

 

Bertempat di Makam KH Abdul Wahab Chasbullah, Tambakeras Jombang. Kegiatan ini dihadiri oleh kader-kader IPNU IPPNU baik dari PAC, Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisariat (PK), dan Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) se-kecamatan Jombang. Hadir pula KH Ahmad Hasan Chasibuan, Rais Syuriah Majelis Wakil Cabang (MWC NU) Jombang yang memimpin jalannya istighotsah & ijazah Kubro Rotibul Haddad. Jum’at malam (12/8/2022).

 

“Kebersamaan dan kolaborasi dari seluruh anggota PAC, PR, PK, dan PKPP menjadi hal penting yang diupayakan PAC dalam menggerakkan rekan-rekanita menyongsong satu abad NU,“ ujar Wildan.

 

Willdan menuturkan, kegiatan Istighotsah & Ijazah Kubro Rotibul Haddad malam ini diawali dengan pembacaan burdah Huwal Habib lalu dilanjutkan dengan Istighotsah bersama dan diakhiri Ijazah Rotibul Haddad.

 

“Imbauan juga diberikan kepada peserta yang hadir antara lain, menjaga adab atau perilaku saat di makam, Daimul Wudhu dan tidak bergurau saat di komplek Makam,” tambahnya.

 

Pihaknya mengharapkan, seluruh kader IPNU IPPNU berlomba lomba dalam meraih manfaat dan membumikan kembali amaliah Ahlussunah Wal Jamaah an nahdliyah khususnya di kalangan pelajar.


Daerah Terbaru