• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Daerah

Kick Off NU Jombang Digelar Dengan Khataman dan Ijazah Shohih Bukhori

Kick Off NU Jombang Digelar Dengan Khataman dan Ijazah Shohih Bukhori
Kick Off NU Jombang Digelar Dengan Khataman dan Ijazah Shohih Bukhori (Foto: NU Online/Syaiful Chabib)
Kick Off NU Jombang Digelar Dengan Khataman dan Ijazah Shohih Bukhori (Foto: NU Online/Syaiful Chabib)

NU Online Jombang,

Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang gelar kick off menyambut hari lahir (Harlah) 1 abad NU dengan kegiatan Khataman Shokhih Bukhori. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Mukminin, Alun-alun Jombang, Senin (8/8/2022) malam.

 

KH M Sholeh membacakan naskah kick off 1 abad NU Jombang yang ditulis oleh KH Abdul Nashir Fatah, mandataris Konfercab dan Rois PCNU Jombang. Naskah tersebut berisikan Panca Gerak menuju 1 abad Nahdlatul Ulama Jombang.

 

"Bersamaan dengan rutinan shohih bukhori, putaran ke 20 di Masjid Agung Baitul Mukminin, Alun-alun Jombang. Dengan tabarrukan serta tafaulan para masayikh yang melestarikan tradisi khataman shohih bukhori, saya nyatakan kick off," tegasnya. 

 

Selain itu, KH Taufiqurrahman Muchid yang juga hadir pada malam hari itu menyampaikan bahwa khataman kitab shohih bukhori ini merupakan tradisi pesantren yang dilakukan para muassis NU. Dengan ini, mengharap keberkahan dari penyusun kitab Shohih Bukhori dan orang-orang sholeh yang disebut namanya tersebut.

 

"Membaca atau khataman shohih bukhori memiliki banyak manfaat. Diantaranya, sebagai wasilah kepada imam bukhori dan para ulama serta mengobati orang-orang yang sakit. Mudah-mudahan dengan khataman shohih bukhori pada malam ini yang punya hajat dikabulkan," harapnya.

 

Terlihat, acara tersebut begitu meriah karena dihadiri ratusan santri dan jamaah. Selain khataman, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan santunan anak yatim serta ditutup dengan ijazah kitab Shohih Bukhori oleh KH Taufiqurrahman Muchid.

 

Diketahui, hadir pada gelaran tersebut, Hj Munjidah Wahab, Bupati Jombang. KH Abdussalam Shokhib, Wakil Ketua PWNU Jatim dan KH Abdul Hakim, Pengasuh PP Tebuireng.


Daerah Terbaru