Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh

Daerah

Ansor Peterongan Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor bersama Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Peterongan, Jombang gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW serta Hari Santri Nasional, Rabu (27/10) malam di Mushalla Darussalam, Desa Dukuh Klopo (Foto: NU Online/Syaiful Chabib

NU Online Jombang,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor bersama Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Peterongan, Jombang gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW serta Hari Santri Nasional, Rabu (27/10) malam di Mushalla Darussalam, Desa Dukuh Klopo.

 

Kegiatan itu dikemas dengan pembacaan shalawat bersama dan kajian agama tentang Maulid Nabi.

 

KH Nur Habibillah, pemateri pertama mengatakan, peringatan maulid nabi adalah bukti cinta kepada nabi. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk memperbanyak shalawat sebagai bentuk cinta pada nabi Muhammad SAW.

 

"Membaca shalawat adalah ibadah yang berbeda dengan ibadah yang lainnya. Karena Allah dan malaikat-malaikatnya juga bershalawat kepada nabi," ujarnya.

 

Pemateri kedua, KH Samian mengatakan, ada 3 golongan orang yang akan merugi. Pertama adalah orang yang yang melupakan atau tidak pernah sholat. Selanjutnya, golongan kedua yang merugi adalah wanita yang suka terbuka auratnya. Dia akan merugi baik di dunia maupun di akhirat. Sementara golongan ketiga, adalah orang-orang yang kikir. Sebaliknya orang yang dermawan adalah calon penghuni surga.


"Ayo mencontoh shalatnya nabi, nabi tidak pernah meninggalkan shalat, bahkan kakinya sampai bengkak karena rajin sholat. Menurutnya, ahli surga adalah orang yang merasa susah jika seandainya meninggalkan sholat. Sementara wanita yang ingin bahagia dunia akhirat harus menutup auratnya," paparnya.


Ia menambahkan, Nabi Muhammad SAW adalah sebaik-baik manusia dan sangat dermawan. Maka sebagai umat Rasulullah harus mencontoh nabi. 

 

"Diberi kesehatan dan mau hadir untuk mengaji juga termasuk orang yang dermawan," pungkasnya.

 

Tampak hadir pada kegiatan tersebut yakni Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Dukuhklopo, sahabat-sahabat Ansor Peterongan, Badan Otonom (Banom) NU Ranting dan masyarakat setempat.

 

Kontributor : Syaiful Chabib
Editor: Fitriana

Syaiful Habib
Editor: Nur Fitriana

Artikel Terkait