• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Amaliyah NU

Resep Membina Keluarga Bahagia

Resep Membina Keluarga Bahagia

NU Jombang Online, 
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang KH Hasyim Yusuf memberikan beberapa resep membina keluarga yang bahagia bagi umat Islam, terkhusus pengantin baru.

Nasehat tersebut disampaikannya saat memberikan tausiah dalam pernikahan santrinya di Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

“Resep pertama yaitu banyak membaca, membaca karakter suami-istri agar tidak terjadi salah paham dalam bersikap dan menjalani rumah tangga,” katanya, Senin (15/4).

Ia menambahkan, resep kedua yang perlu dilaksanakan yaitu istiqomah dalam menjalankan ibadah shalat. Hal ini dikarenakan shalat adalah tindakan nyata dari bukti keimanan seorang muslim kepada Allah SWT. Shalat juga sebagai ukuran amal seseorang kelak di akhirat nanti.

”Shalat yang berkualitas yakni shalat yang bisa membuat kita menjadi baik, shalat tersebut bisa memberikan dampak positif pada pelakunya,” tambah Kiai Hasyim.

Alumni Pondok Pesantren Langitan Tuban ini mengatakan, resep ketiga membangun keluarga bahagia selalu ingat Allah dalam segala hal. Terlebih akan melakukan sesuatu. Karena Allah tidak pernah melupakan hamba-Nya. Hanya saja hamba-Nya lupa bersyukur dan memuji Allah.

“Ingat kepada Allah hal yang penting, dengan ingat kepada Allah hati menjadi tenang,” ungkapnya.

Selain itu, seorang muslim juga harus terus bergerak dan berusaha memenuhi kebutuhan keluarga dan merawat isi rumahnya. Karena Allah melihat seseorang dari usahanya. Terlebih usaha untuk mencapai bahagia dunia dan akhirat.

“Allah akan tahu hasil dari jerih payah kita. Tergantung dari kesungguhan kita. Maka hasilnya akan bahagia di dunia dan akhirat,” pungkas Kiai Hasyim. (Syarif Abdurrahman) 


Editor:

Amaliyah NU Terbaru