• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Mitra

Unhasy dan BMT NU Jombang Teken MoU Perihal Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi

Unhasy dan BMT NU Jombang Teken MoU Perihal Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi
Universitas KH Hasyim Asy'ari (Unhasy) kerja sama dengan BMT NU Jombang. (Foto: Dok BMT NU Jombang)
Universitas KH Hasyim Asy'ari (Unhasy) kerja sama dengan BMT NU Jombang. (Foto: Dok BMT NU Jombang)

NU Online Jombang, 
Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Kabupaten Jombang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng, Jombang. 


Rusydia Mufidah, Kepala Bagian Operasional BMT NU Jombang menuturkan bahwa pihaknya sudah merencanakan MoU sejak dua bulan yang lalu. Pasalnya, beberapa mahasiswa Unhasy sudah pernah magang di BMT NU Jombang.


"Unhasy ini kampus ketiga yang MoU dengan BMT NU. Sebelumnya ada STAIN Nglawak, Nganjuk dan STIES Babussalam Kalibening," tutur Fida, sapaannya.


Semantara itu Athi' Hidayati, Dosen Fakultas Ekonomi Unhasy mengatakan BMT NU merupakan KPPS yang berkembang pesat di Jombang yang mayoritas anggotanya adalah Nahdliyin.


"Ini sangat tepat sekali jika Fakultas Ekonomi khususnya Prodi Ekonomi Islam melakukan MoU dengan BMT NU serta visi misi BMT NU tidak jauh beda dengan visi misi Unhasy yang sama-sama background-nya adalah NU," kata Athi'.


Prodi Ekonomi Islam terdapat mata kuliah lembaga keuangan Syari'ah sehingga bisa berkolaborasi dengan BMT NU dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian. 


"Penandatanganan MoU antara Fakultas Ekonomi UNHASY dengan BMT NU Jombang meliputi 3 hal itu. Kalau pengajaran kami fokuskan pada kuliah tamu, narasumber seminar, dan lokasi magang/praktik kerja lapangan atau pelatihan," imbuhnya.


Sementara untuk penelitian yaitu difokuskan pada lokasi penelitian dan PKM mahasiswa ataupun dosen. Serta pemberitahuan pengumuman lowongan perekrutan tenaga kerja, dan program lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.


"Semoga dengan adanya kerja sama antara BMT NU Jombang dan Unhasy dapat membantu mahasiswa ataupun dosen untuk berkolaborasi terkait pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi itu. Besar harapan kami kerja sama ini dapat terjalin dan bermanfaat bagi kedua lembaga," pungkasnya.


Mitra Terbaru