• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Mitra

Ingin Kembangkan BMT NU, PCNU Malang Studi Banding ke Jombang

Ingin Kembangkan BMT NU, PCNU Malang Studi Banding ke Jombang
Studi banding PCNU Malang dengan pengelola BMT NU Jombang. (Foto: Istimewa)
Studi banding PCNU Malang dengan pengelola BMT NU Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan beberapa penggerak ekonomi NU di Kabupaten Malang studi banding ke Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Kabupaten Jombang. Kegiatan ini dipusatkan di aula kantor PCNU setempat, Senin (11/7/2022).


H Khoriul Anam, Ketua BMT NU Jombang mengatakan, PCNU Malang ingin mengembangkan pengelolaan BMT NU, mengingat di sana sebagian sudah berdiri, tapi belum efektif. 


"Di Kabupaten Malang sudah ada BMT NU, tetapi masih belum bisa berjalan sesuai dengan harapan," katanya kepada NU Online Jombang.


Oleh karena itu, PCNU Kabupaten Malang punya tekad kuat untuk belajar ke BMT NU Jombang supaya bisa mengembangkan BMT NU di daerahnya dengan baik dan sesuai harapan.


"Kami akan selalu siap menyambut tamu dari PCNU lainnya untuk mempelajari sistem di BMT NU Jombang, karena targetnya yaitu PCNU se-Jawa Timur," imbuhnya.


Sementara itu secara terpisah, Nurul Mutiah salah seorang utusan PCNU Malang memaparkan, dalam pendirian BMT NU, pihaknya berangkat dari khidmah di Unit Pengelolaan Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) tingkat ranting. 


"Kemudian kami bersepakat membuat muamalah syariah melalui BMT NU ini. Niat kami ingin memberi solusi bagi warga NU dari bank titil atau pinjaman online (Pinjol)," paparnya.


Perempuan yang kerap disapa Nurul ini menambahkan, dirinya akan menggali lebih dalam lagi terkait mengetahui mengenai muamalah syariah. Mulai dari bagaimana cara mengembangkan BMT NU, menangani problematika yang ada, serta mencari dan meyakinkan nasabah. Pasalnya, pada waktu studi banding terbatas oleh waktu. 


"Meski begitu, studi banding itu luar biasa. Kita semakin melek dengan muamalah syariah. Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin kami ketahui tentang administrasi BMT NU Jombang, karena waktu yang tidak memungkinkan jadi belum banyak yang kami serap. Tapi alhamdulilah, kami diberi peluang untuk magang di sana," tutur salah seorang pengelola BMT NU di Malang ini.


Selama magang, dirinya akan terus berdiskusi dengan berbagai unsur di BMT NU Jombang untuk memastikan kesiapannya dalam memajukan BMT NU di Malang.


"Demi untuk menyerap ilmu tentang administrasi BMT NU Jombang yang sudah mengikuti standar internasional, insyaallah dilanjut pas kita magang nanti," sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Donomulyo, Malang ini.


Ia mengaku makin antusias dan yakin bisa mengembangkan BMT NU di Malang setelah studi banding ke BMT NU Jombang. 


"Mudah-mudahan bisa mengembangkan BMT NU di Kabupaten Malang. Syukur alhamdulillah jika bisa terbang tinggi," pungkasnya.


Mitra Terbaru