• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

UPZISNU Betek Launching Tabungan Pendidikan Orang Tua Asuh Bagi Anak Yatim

UPZISNU Betek Launching Tabungan Pendidikan Orang Tua Asuh Bagi Anak Yatim
Penyerahan bantuan tabungan pendidikan orang tua asuh
Penyerahan bantuan tabungan pendidikan orang tua asuh

NU Online Jombang,

Pengurus Ranting Unit Pengelolan Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Betek, launching program Tabungan Pendidikan Orang Tua Asuh di awal kepengurusan. Pasalnya, ranting UPZISNU Betek resmi dilantik langsung oleh Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, pada Ahad (27/3/2022).

 

Muhammad Okkiy Mabrury, ketua terlantik mengatakan, tabungan pendidikan ini digunakan untuk membantu biaya pendidikan anak yatim yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti dari MI/SD ke MTs/SMP atau dari MTs/SMP ke MA/SMA.

 

"Ini memang untuk kebutuhan pendidikan bukan untuk kebutuhan yang konsumtif. Sebab, biaya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi biasanya banyak," kata Okkiy.

 

Dengan program tabungan pendidikan orang tua asuh, lanjut Okkiy, mungkin bisa sedikit membantu para orang tua dari anak yatim.

 

"UPZISNU Betek bekerjasama dengan Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Jombang Cabang Mojoagung untuk program tabungan pendidikan ini," jelasnya.

 

Buku tabungan pendidikan dibawa orang tua anak yatim tersebut supaya mereka bisa mengetahui saldonya. Tetapi, saldo tersebut tidak bisa diambil sewaktu-waktu. 

 

"Boleh diambil kalau mereka mau naik ke jenjang pendidikan selanjutnya, atau mereka memang butuh untuk kebutuhan pendidikan yang mendesak dengan syarat meminta izin atau konfirmasi ke pengurus UPZISNU Betek," tegas Okkiy.

 

Dihubungi secara terpisah, pimpinan cabang BMT NU Cabang Mojoagung, Agus Yudi Riswanto, mengonfirmasi bahwa tabungan pendidikan merupakan program dari BMT NU Jombang. 

 

"Tabungan pendidikan di BMT NU ini tidak hanya untuk siswa yang berprestasi saja. Kerjasama antar lembaga untuk saling menguatkan juga, seperti dengan UPZISNU ini," tutur pria yang disapa Yuyud.

 

Yuyud menjelaskan, ini merupakan kali pertama kerjasama antar lembaga di Mojoagung.

 

"Bila ada kerjasama yang saling menguatkan antara banom ataupun lembaga maka insyaallah NU akan semakin bermanfa'at bagi nahdliyin dan negara hingga peradaban dunia," pungkasnya.


Daerah Terbaru