• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Jumat, 27 Mei 2022

Daerah

Terpilih Sebagai Ketua IPNU-IPPNU Jombang, Ini Visi Misi Rafli-Della

Terpilih Sebagai Ketua IPNU-IPPNU Jombang, Ini Visi Misi Rafli-Della
(Foto : Dok IPNU-IPPNU Jombang)
(Foto : Dok IPNU-IPPNU Jombang)

NU Online Jombang,

Muhammad Rafli Rifki Reza tak hanya lega setelah ditetapkan sebagai ketua terpilih PC Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jombang. Ia dan Miftakhul Nur Della Anggi Mulya, ketua Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang yang terpilih, sepakat untuk mengoptimalkan kaderisasi dan melakukan restrukturisasi sistem administrasi organisasi berbasis teknologi.

 

Sebagai ketua IPNU yang baru, pria yang akrab disapa Rafli ini menegaskan, IPNU dan IPPNU harus adaptif. Dalam hal ini, IPNU-IPPNU menurut Rafli, harus bisa beradaptasi dengan kondisi di masa pandemi covid seperti saat ini.

 

Yang kedua, lanjut dia, organisasi harus dapat kolaboratif. IPNU maupun IPPNU harus dapat sinergis dengan stakeholder baik di dalam maupun di luar Badan Otonom (Banom) NU.

 

"Stakeholder yang dimaksud adalah semua elemen baik pemerintahan ataupun dinas-dinas terkait tanpa ada unsur menunggangi atau menyetir IPNU IPPNU. Perlu digarisbawahi bahwa sinergitas ini tidak akan menunggangi atau merusak marwah IPNU IPPNU," paparnya.

 

Selain itu, Rafli berharap di masa kepemimpinannya, IPNU dan IPPNU dapat memajukan Entrepreneurship. 

 

"Dalam hal ini saya ingin menumbuhkan kesadaran entrepreneurship IPNU-IPPNU melalui media ekonomi kreatif. Misi saya adalah mengoptimalkan hal itu pada tahap kaderisasi. Selain itu, kami juga ingin melakukan restrukturisasi sistem administrasi organisasi berbasis teknologi," ujarnya.

 

Senada dengan Rafli, Miftakhul Nur Della Anggi Mulya ketua PC IPPNU Jombang terpilih mengungkapkan beberapa terobosan yang akan dilakukan di kepengurusan masa khidmah 2022-2024.

 

"Terobosan besar yang ingin saya lakukan paling utama adalah konsolidasi kelembagaan antara Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Komisariat (PK), Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT). Selanjutnya, kami akan membuat pemetaan strategis untuk memetakan potensi kader. Pola ini dilakukan agar terbentuk database kader yang komprehensif," ungkap perempuan yang akrab disapa Della itu.

 

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penguatan digital office.

 

"Digital office adalah pusat administrasi dan informasi yang berbasis digital, sehingga nanti memberikan kemudahan akses kepada semua kader IPNU-IPPNU se-Jombang," imbuhnya.

 

Terakhir ia berharap, IPNU-IPPNU se-Jombang bisa solid agar mampu mengembangkan potensi para kader sekaligus dapat memunculkan bibit unggul yang bermanfaat bagi masyarakat, agama, bangsa dan negara.

 

"Kami ingin membangun keluarga IPNU-IPPNU yang solid. Agar, nantinya mampu mengembangkan potensi para kader dan bisa memunculkan bibit-bibit unggul. Kami ingin menunjukan kepada khalayak bahwa IPPNU adalah kader serba bisa yang penuh kreativitas," harapnya.

 

Kontributor : Annisa Rahma

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru