• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 20 Juni 2024

Daerah

Ribuan Calon Jamaah Haji Jombang dari Empat Kloter Diberangkatkan Hari Ini

Ribuan Calon Jamaah Haji Jombang dari Empat Kloter Diberangkatkan Hari Ini
Para jamaah haji Jombang yang berangkat ke tanah suci. Senin (27/5/2024). (Foto:Karimatul Maslahah)
Para jamaah haji Jombang yang berangkat ke tanah suci. Senin (27/5/2024). (Foto:Karimatul Maslahah)

NU Online Jombang,
Ribuan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Jombang diberangkatkan hari ini, Senin (27/05/2024), oleh pemerintah kabupaten (pemkab) Jombang di Pendopo Kabupaten Jombang. 


Para calon jamaah haji diberangkatkan dengan menggunakan kendaraan Bus yang sudah disiapkan. Yang nantinya akan menuju asrama haji di Sukolilo, Surabaya.


Pada momen ibadah haji tahun ini, terdapat 4 kelompok terbang (kloter) yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci Makkah. Total terdapat 1.174 CJH yang berangkat hari ini. Dan terbagi pada kloter, 61, 62, 63, dan 64.


Humaira (46), salah satu keluarga CJH yang berangkat mengaku terharu, lantaran keluarganya bisa berangkat ke tanah suci tahun ini.


"Ya saking gembiranya saudaranya bisa berangkat haji. Rasanya ya sedih dan senang, senangnya itu bisa berangkat dan sedihnya itu ditinggal," kata Humaira. Senin (27/5/2024). 


Ia mengaku sengaja bersama keluarga besarnya mengantar kakak kandungnya, ke Pendopo Kabupaten Jombang, untuk berangkat ke asrama haji Sukolilo Surabaya.


"Iya baru pertama kali kakak saya, diantar keluarga semuanya. Ya semoga bisa menjalankan ibadah dengan baik dan diberikan sehat," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Kemenag Jombang, Muhajir menjelaskan, pada pemberangkatan jamaah haji kloter 61 ini, terdapat 35 CJH yang membutuhkan perhatian khusus.


"Jadi per kloter ini ada 371 jemaah haji. Total ada dua yang gagal berangkat, satunya meninggal dunia dan satunya lagi hamil. Tapi yang gagal berangkat ini sudah tergantikan semuanya," tuturnya.


Ia menegaskan untuk CJH yang lansia, akan mendapat perhatian dan pendampingan dari petugas haji di masing-masing kloter.


"Kalau terkait jemaah haji yang lansia kami sudah koordinasikan dengan petugas kloter, petugas kesehatan dan perawat agar mendapatkan perhatian khusus. Yang lansia itu ada 35 orang," kata Muhajir.


Kemenag Jombang berharap, pada para CJH agar menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci. Hal ini dikarenakan cuaca di Makkah saat ini mencapai 48 derajat celsius.


Daerah Terbaru