• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

Peduli Sesama, Ansor Peterongan Santuni Puluhan Dhuafa dan Anak Yatim

Peduli Sesama, Ansor Peterongan Santuni Puluhan Dhuafa dan Anak Yatim
Dizikir dan penyerahan santuan secara simbolik (Foto : NU Online/Ali Purnomo)
Dizikir dan penyerahan santuan secara simbolik (Foto : NU Online/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Peterongan bekerjasama dengan Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZIZNU) Sumberagung menyantuni anak yatim dan dhuafa.

 

Sebanyak 6 anak yatim piatu menjadi perwakilan penerima santunan di Masjid Himatul MuadzinĀ Kedungpapar, Sumberagung, Peterongan, Jombang pada Rabu malam, (9/2/2022). Sementara 55 dhuafa yang lain disantuni sejumlah uang dari rumah ke rumah.

 

Syaiful Chabib, ketua PAC GP Ansor Peterongan menerangkan, untuk menghidupkan semangat jami'iyah dan amaliyah nahdliyin di kalangan pemuda, aktivitas yang dilakukan tidak serta merta hanya dzikir bersama di majelis saja, melainkan juga mengimplementasikan gerakan sosial yang diwujudkan dalam bentuk kepedulian terhadap sesama.

 

"Kami memberikan secara simbolis pada sebagian penerima santunan di sekitar desa Sumberagung karena kaitannya dengan protokol kesehatan. Yang lainnya dibagikan dari rumah ke rumah secara langsung," jelasnya.

 

Menurut Syaiful, momentum ini sekaligus memperingati hari lahir (Harlah NU). Pihaknya berupaya meningkatkan khidmah di NU sekaligus merupakan bentuk kepedulian Ansor kepada anak - anak yatim piatu.

 

Syaiful menambahkan, santunan ini diberikan dalam bentuk nomimal uang. Sebab, menurutnya dapat lebih bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan anak yatim dan para dhuafa.

 

Sebelum santunan diberikan secara simbolis, acara dimulai dengan dzikir bersama Rijalul Ansor Peterongan pukul 20.00 wib.

 

Acara dihadiri oleh ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Peterongan, Ketua UPZIZNU sumberagung, dan warga setempat.

 

"Harapan kami, semoga kegiatan ini membawa berkah dan kita juga bisa istiqomah dalam memompa semangat untuk berdakwah. Hal ini juga diharapkan dapat menggerakkan rasa peduli terhadap masyarakat," pungkasnya.

 

Kontributor : Ali Purnomo

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru