• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

Ngaji Kitab Mbah Hasyim, Cara LDNU-Rijalul Ansor Mojowarno Kuatkan Pemahaman Aswaja

Ngaji Kitab Mbah Hasyim, Cara LDNU-Rijalul Ansor Mojowarno Kuatkan Pemahaman Aswaja
Ngaji kitab Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah. (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)
Ngaji kitab Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah. (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)

NU Online Jombang,
Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang bersinergi dengan Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor setempat menggelar Ngaji Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mojowarno, Senin (10/1/2022).


Subhan Yazid Ketua Rijalul Ansor Mojowarno mengungkapkan, pengajian Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah karangan Hadratussyekh KH M Hasyim Asy'ari akan menjadi rutinan LDNU dan MDS Rijalul Ansor.


"Iya, nantinya pengajian ini akan terus berlanjut yang akan dilaksanakan setiap hari Senin Legi," ungkap pria yang akrab disapa Yazid itu.


Lebih lanjut, ia mengatakan kitab Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah ini dipilih sebagai bekal para pemuda sebagainya benteng dari pemahaman kelompok yang kerap kali mudah melabeli kelompok lain keliru, bahkan mengkafirkan.


"Tujuan kami memilih kitab karangan Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari ini, agar mampu membentengi para pemuda Ansor serta menepis dan meluruskan pemahaman yang sering disalahartikan oleh kelompok yang memecah belah umat Islam khususnya warga NU dengan dalil takfirinya," katanya.


Ketua LDNU Mojowarno Darmaji menyampaikan, pengajian Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah disambut antusias oleh peserta. Kurang lebih 250 anggota yang mengikuti kegiatan ini.


"Alhamdulillah, kegiatan kolaborasi perdana kami dihadiri oleh banyak anggota," tutur pria asal Sukomulyo itu.


Darmaji sapaannya menuturkan, pengajian yang dipimpin oleh H Agus Ali Arwani ini membahas banyak hal.


"Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah ini banyak membahas seputar pandangan Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari tentang sunnah, bid'ah, tanda-tanda akhir zaman, dan petuah beliau," tuturnya.


Ia berharap, dengan terlaksananya pengajian Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah para kader pemuda Ansor mampu menyikapi kelompok ultra konservatif dengan pemahaman agama yang memadai.


Sugeng anggota pengajian Risalah Ahlussunnaah wal Jama'ah mengungkapkan, dirinya sangat antusias mengikuti pengajian tersebut.


"Baru kali ini saya ikut mengaji Aswaja, pembahasannya yang ringan sehingga mudah ditelaah. Serta dibalut dengan sangat interaktif dan dianalogikan dengan kejadian yang terjadi akhir-akhir ini, semoga dapat istikamah mengikuti pengajian ini Aamiin," pungkas Sugeng.


Kontributor: Annisa Rahma
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru