• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Madrasah Critical Thinking, Upaya PC IPPNU Jombang Tingkatkan Pola Pikir Kritis

Madrasah Critical Thinking, Upaya PC IPPNU Jombang Tingkatkan Pola Pikir Kritis
Pemaparan materi oleh narasumber Durrotul Firdaus (foto: Dok Jarkominfo PC IPPNU Jombang)
Pemaparan materi oleh narasumber Durrotul Firdaus (foto: Dok Jarkominfo PC IPPNU Jombang)

NU Jombang Online,
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang menggelar Madrasah Critical Thinking (MCT). Kegiatan yang diikuti oleh pengurus dan kader PC IPPNU Jombang ini dilaksanakan di Aula Kantor PC IPNU IPPNU Jombang, Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Jombang. MCT ini dilaksanakan rutin setiap bulan di hari Ahad pertama, dan pertemuan perdana digelar Ahad (7/3).

Nurul Aini, Direktur Lembaga Konseling Pelajar (LKP) PC IPPNU Jombang mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberi wawasan dan membangun pola berpikir kritis dalam berorganisasi bagi para pengurus dan Kader PC IPPNU Jombang.

"Pengurus ataupun kader PC IPPNU Jombang harus mampu berpikir kritisĀ  terhadap masalah yang ada di sekitar kita. Dengan berpikir kritis kita mampu menyelesaikan masalah di masyarakat maupun dalam organisasi," ujarnya, Ahad (7/3).

Sementara narasumber kala itu, ia mengundang Durrotul Firdaus, perempuan kelahiran Banyuwangi, aktivis dari Pimpinan Pusat (PP) IPPNU, dan penggerak platform chang.org. Firda memaparkan MCT adalah seperti kompor untuk memanaskan semangat kader PC IPPNU Jombang dalam berjuang di organisasi dan menanggapi persoalan sosial di sekitarnya.

"Dalam kajian rutin ini saya menyajikan materi mulai paling dasar yaitu mengenal kepribadian diri sendiri dan cara berpikir. Barulah dari materi dasar dikembangkan menjadi materi yang merujuk pada pengembangan organisasi," jelasnya.

Pada pertemuan tersebut peserta MCT dikenalkan beberapa tahap dalam mengikuti kegiatan. Di antaranya perkenalan peserta dan narasumber, meditasi, ekspektasi peserta (pakai pohon harapan), seputar diri sendiri, tugas membuat lis kekurangan/kesalahan diri sendiri, tebak karakter teman, sesi curhat untuk mengenal partner organisasi, mengenal organisasi, tugas membuat lis kelemahan organisasi, hingga pemaparan sedikit tentang System Thinking.

"Tahapan materi yang saya berikan pada pertemuan MCT ini guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM) kader IPPNU lebih kritis, kreatif, dan meluas. Peserta yang hadir juga atas dorongan dai keinginan diri sendiri untuk mengikuti kegiatan MCT," pungkas staf KPI Pusat ini.

Kontributor: Septy Yuanita
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru