• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Daerah

Mabincab PMII: Utamakan Kaderisasi dan Penguatan Intelektual

Mabincab PMII: Utamakan Kaderisasi dan Penguatan Intelektual
Subaidi Muchtar, majelis pembina cabang (Mabincab) PC PMII Jombang (Foto: Dok Panitia)
Subaidi Muchtar, majelis pembina cabang (Mabincab) PC PMII Jombang (Foto: Dok Panitia)

NU Online Jombang,

Pelantikan merupakan momentum peralihan dari generasi ke generasi. Meski periode kepengurusan Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) hanya satu tahun, namun dengan membuat program kerja berjangka maka kepengurusan dapat memaksimalkan kerja organisasi.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Subaidi Muchtar, majelis pembina cabang (Mabincab) PC PMII Jombang. Ia menyarankan, ketika rapat kerja (Raker) nanti, pengurus bisa membuat program jangka menengah.

 

"Dengan membuat program jangka menengah yang secara estafet akan dilimpahkan dari satu periode ke periode selanjutnya harus ada program yang wajib untuk dilakukan. Misalnya, kita punya proyeksi kaderisasi selama 3 tahun," ungkap Subaidi.

 

Jika sudah mempunyai program tahunan, lanjutnya, maka itu tidak akan menganggu proses pergantian yang waktunya hanya satu tahun. Sehingga, urusan-urusan penting di PMII seperti kaderisasi dan penguatan intelektual menjadi lebih terjamin. 

 

"Kemarin saya hitung dengan mas Rizal, jumlah efektif program yang bisa dilakukan dalam satu tahun itu 7-8 kali," tegasnya.

 

Hari ini, tambahnya, sahabat-sahabat PMII tentu menjadi anak zamannya sendiri. Kondisi eskternal, kondisi internal, dan kondisi global yang sedang berubah harus segera direspon oleh semua kalangan, tak terkecuali PMII.

 

"Tetapi spirit yang senantiasa beragam, spirit Nilai Dasar Pergerakan (NDP) yang bertumpu pada paradigma Islam ahlussunah wal jamaah, saya sampaikan bahwa sahabat-sahabat semua mewakili zamannya sendiri. Oleh karena itu, penting menanamkan NDP ini pada setiap generasi," imbuh Subaidi.

 

Karena hal tersebut, Subaidi bangga kepada alumnus PMII yang terus bersama-sama untuk menjaga nilai nilai ideologis yang ada di dalam PMII. 

 

"Para alumnus juga akan selalu mengikuti perkembangan dan program yang akan diadakan oleh PMII, baik dari tingkatan Pengurus Rayon (PR), Pengurus Komisariat (PK), maupun Pengurus Cabang (PC)," jelasnya.

 

Menurutnya, segenap alumni PMII juga akan terus memberikan dukungan terhadap gerakan yang dilakukan oleh PMII Jombang.

 

"Selamat dan sukses atas pelantikan PC PMII Jombang. Kita semua para alumni akan memback up dan mendukung seluruh pergerakan PC PMII Jombang," pungkasnya.


Daerah Terbaru