• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Luncurkan Kaleng Sedekah, UPZISNU Kedawong Bertekad Masifkan Kegiatan NU

Luncurkan Kaleng Sedekah, UPZISNU Kedawong Bertekad Masifkan Kegiatan NU
Luncurkan Kaleng Sedekah, UPZISNU Kedawong Bertekad Masifkan Kegiatan NU. (Foto: Istimewa)
Luncurkan Kaleng Sedekah, UPZISNU Kedawong Bertekad Masifkan Kegiatan NU. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang launching kaleng sedekah. 35 kaleng sedekah sudah tersalurkan kepada munfiq atau orang yang hendak berinfak sejak diluncurkan.


M Masrur, Ketua UPZISNU Kedawong mengatakan, peluncuran kaleng sedekah tersebut atas dasar inisiasi Pengurus Ranting (PR) NU Kedawong untuk membentuk UPZISNU. Pasalnya, PRNU Kedawong ingin menghidupkan kembali kegiatan NU, khususnya dalam zakat, infak, dan sedekah.


"Secara resmi UPZISNU Ranting Kedawong baru dilantik pada tanggal 25 April 2022. Dari situ kami pengurus UPZISNU diberikan amanah untuk segera menyosialisasikan kepada masyarakat tentang keberadaan UPZISNU di Kedawong dengan diberikan deadline," kata Masrur kepada NU Online Jombang, Rabu (15/6/2022).


Pengurus UPZISNU Kedawong merespons amanah tersebut dengan merapatkan barisan dan meminta PRNU untuk supaya memberikan wadah kepada UPZISNU dengan mengadakan peluncuran kaleng sedekah. 


"Terwujudlah kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juni 2022 di Mushala Roudlotul Jannah," tambahnya.


Lebih dari itu, pengurus UPZISNU Kedawong juga ingin mengubah pola pikir Nahdliyin di Desa Kedawong bahwa NU itu memiliki program yang dapat membantu warganya. "Yang asalnya memandang bahwa NU di Kedawong sebelah mata bisa menjadi penasaran dengan NU," imbuhnya.


Masrur menjelaskan UPZISNU Kedawong mengenalkan kaleng sedekah dengan menyosialisasikannya melalui kegiatan-kegiatan warga di setiap RT dan door to door (rumah ke rumah). Setiap awal bulan, pihaknya mengambil hasil kaleng sedekah di setiap munfiq untuk direkapitulasi agar segera disalurkan kepada yang berhak menerima.


"Sasaran utama kami mulai anak yatim, piatu, yatim piatu dan para dhuafa, janda dan sebagainya dengan kami sampaikan berupa barang sesuai kebutuhan mereka. Kemudian Laporan Pertanggungjawaban kami sampaikan melalui media cetak dan elektronik kepada para munfiq dan masyarakat umum supaya tergugah hatinya untuk berinfak," jelasnya.


Ia menambahkan, PRNU dan masyarakat Kedawong sangat mendukung dan merespons positif dengan adanya UPZISNU ini.


"Semoga UPZISNU Kedawong menjadi lebih baik dan bisa membantu lebih maksimal kepada sesama di lingkungan Desa Kedawong serta bisa meningkatkan ekonomi dan sosialnya," pungkasnya.


Daerah Terbaru