• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

IPNU IPPNU sebagai Wadah Membentuk Karakter Pemimpin dan Kembangkan Potensi Para Pelajar

IPNU IPPNU sebagai Wadah Membentuk Karakter Pemimpin dan Kembangkan Potensi Para Pelajar
Waka Organisasi PC IPNU Jombang Asep Irawan mengisi acara Ngobsay PAC IPNU IPPN Tembelang (Foto : Alun)
Waka Organisasi PC IPNU Jombang Asep Irawan mengisi acara Ngobsay PAC IPNU IPPN Tembelang (Foto : Alun)

NU Jombang Online,
Wakil Ketua Bidang Organisasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Jombang, M.Asep lrawan menyampaikan tujuan dibentuknya IPNU IPPNU adalah wadah pembentuk karakter pemimpin dan mengembangkan potensi diri para pelajar.

Demikian ini disampaikanya saat menjadi narasumber di acara Ngobsay yang diselenggerakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Tembelang, di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Hasan Balongombo Kecamatan Tembelang, Jombang, Minggu (18/10/2020).

"Tujuan utama dibentuknya IPNU IPPNU sesungguhnya adalah wadah bagi pelajar, khususnya pelajar nahdliyin untuk membentuk karakter pemimpin yang mampu bergerak dan menggerakkan roda organisasi.  Tak hanya itu, tujuan lain sebagai wadah pengembangan potensi (skil) anggota IPNU-IPPNU". ungkapnya.

Ia mengatakan, IPNU-IPPNU merupakan organisasi dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang fokus membidangi pelajar antara usia 13 - 27 th. Dalam berproses di IPNU-IPPNU seorang kader di tempa untuk mampu memahami dan menyelesaikan konflik yang dihadapi, memahami dinamika organisasi, serta bisa membuat terobosan baru perihal Organisasi dan kaderisasi. 

" Manfaat paling penting berproses di IPNU-IPPNU, bisa membangun rasa kepedulian antar sesama kader . Empati terhadap sesama adalah modal yang sangat berharga untuk menjalani kehidupan yang sebenarnya, hal ini jarang ditemukan pada organisasi yang lain," Imbuh pria asal Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang ini.

Ia menegaskan, sampai detik ini tidak ada satu organisasi manapun yang mampu untuk melakukan pembinaan karakter pelajar dan pengembangan kemampuan kader secara bersamaan sampai di tingkat desa. 

"Tidak ada satupun pertemuan di IPNU IPPNU yang sia-sia, karena dalam pertemuan IPNU IPPNU adalah tempat untuk berpikir membuat rencana besar dalam mengembangkan karakter dan kemampuan kadernya. maka berbahagialah kalian di IPNU IPPNU karena di sini, adalah wadah yang tepat bagi kalian untuk mengembangkan potensi diri serta membangun karakter diri yang lebih baik. Hasil berproses di IPNU IPPNU tidak bisa kita rasakan saat itu juga, akan tetapi berproses di IPNU IPPNU bisa menjadi modal besar kalian untuk menjemput masa depan yang lebih baik," pungkasnya.
Kontributor : Taqwalun
Editor           : Anita


Editor:

Daerah Terbaru