• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Daerah

GPS, Program Ansor Sambongdukuh Bantu Bangun Rumah untuk Sahabat

GPS, Program Ansor Sambongdukuh Bantu Bangun Rumah untuk Sahabat
Pembangunan rumah Sahabat Ansor dari program GPS (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani)
Pembangunan rumah Sahabat Ansor dari program GPS (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani)

NU Online Jombang,

Gerakan Peduli Sahabat (GPS) adalah Program yang diadakan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sambongdukuh Jombang untuk pembangunan dengan semboyan “Sebaik Baiknya Sahabat, Bermanfaat Untuk Sahabatnya."

 

“Pembangunan yang kami lakukan kali ini adalah membangun rumah milik sahabat Ansor kita, Sahabat Labisin. Pembangunan kita mulai atau bahasa Jawanya, duduk pandem pada Jumat Pon, 18 November 2022 di Sambongdukuh RT 007 RW 007,” ujar Arif Lukman Hakim, Ketua Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Sambongdukuh.

 

Ia mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi apresiasi terhadap sahabat Ansor yang bernama Labisin.

 

Labisin merupakan Banser yang mengemban amanah dengan Istiqamah, ikhlas, tak kenal waktu dan tidak mengharapkan sesuatu ataupun bayaran setiap membantu.

 

“Di Banser tidak ada bayaran. Kita berkhidmah di GP Ansor yang dibawahi oleh Nahdlatul Ulama (NU), kami bangga menjadi salah satu nahdliyin,” imbuhnya.

 

Pria yang akrab disapa Arif ini ingin menunjukkan, organisasi GP Ansor mampu dan bisa membangun. Walau organisasi ini adalah organisasi non profit namun dengan catatan satu komando tidak ada yang tidak mungkin. Semua pasti bisa dilakukan.

 

"Pembangunan rumah sahabat Labisin ini mendapatkan bantuan terbesar dari sahabat-sahabat Ansor setempat. Para senior-senior Ansor di Sambongdukuh, kemudian dari luar Sambongdukuh maupun jajaran pengurus Ranting NU setempat juga ikut berpartisipasi membantu,” ungkapnya.

 

Arif menyampaikan, proses pembangunan dilaksanakan sebagaimana umumnya untuk membangun rumah dengan memberdayakan sahabat Ansor lainnya.

 

"Teknis pembangunan, kita memberdayakan sahabat-sahabat Ansor dan Banser yang punya skill di bidang pertukangan. Kami juga memberikan uang lelah. Bukan bayaran ya sebab, nominalnya masih sangat jauh dari pekerja profesional pada umumnya. Sebab ini adalah persoalan organisasi, bukan untuk kepentingan pribadi," paparnya.

 

Ia berharap, GPS bisa semakin besar dan memberikan manfaat kepada sahabat-sahabat yang lainnya juga. 

 

"Program ini kami harapkan tidak berhenti sampai di sini saja. Pembangunan rumah sahabat Labisin ini adalah putaran yang kedua. Yang pertama, kita sudah membantu pembangunan rumah Sahabat Banser Legiman yang berdomisili di dusun Sambong santren Desa Sambongdukuh," jelasnya.

 

Ia mengharapkan doa restu dari semua kalangan agar program ke depan bisa terus berlanjut dan banyak orang yang bisa mendapat manfaatnya. 

 

Menurutnya, program ini murni dari Ansor. Dari sahabat untuk sahabat demi kemaslahatan umat. Pihaknya ingin para sahabat bisa tersenyum dengan adanya program tersebut. 

 

“Insyaallah kalau kita sudah memiliki banyak donatur dan orang-orang yang mau tergerak untuk menyisihkan uang rokok atau jajan, kita bisa membesarkan GPS. Kemungkinan, kita juga bisa membantu warga biasa yang betul-betul membutuhkan. Bukan dari Anggota Ansor atau Banser saja," pungkasnya.


Daerah Terbaru