• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Gelar Lakmud, IPNU-IPPNU Ngusikan Aktualisasikan Kader Berjiwa 'Narsis'

Gelar Lakmud, IPNU-IPPNU Ngusikan Aktualisasikan Kader Berjiwa 'Narsis'
Rangkaian kegiatan LAKMUD PAC IPNU IPPNU Ngusikan. (Foto: PAC IPNU IPPNU Ngusikan)
Rangkaian kegiatan LAKMUD PAC IPNU IPPNU Ngusikan. (Foto: PAC IPNU IPPNU Ngusikan)

NU Online Jombang, 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Ngusikan menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan ini mengusung tema Aktualisasi Kader Muda Yang Berjiwa Narsis (Nasionalis, Agamis dan Rasionalis).

 

Ketua PAC IPPNU Ngusikan, Mita Nur Fatma Wati menjelaskan, latar belakang diadakannya Lakmud ini adalah sebagai wadah bagi para generasi penerus IPNU-IPPNU yang tangguh, kompeten dan berkualitas.

 

“Kegiatan ini berisi tentang penyampaian 10 materi selama 3 hari 2 malam , dimulai hari Jumat pukul 15.00 dan ditutup hari Minggu pagi pukul 10.00,” katanya pada NU Online Jombang, Selasa (30/01/2024). 

 

Perempuan yang akrab disapa Mita ini mengatakan, kata Nasionalis pada tema diambil karena para pengurus IPNU-IPPNU Nguskan menginginkan agar memiliki kader yang benar-benar kader, bukan hanya cinta pada organisasi semata namun juga cinta pada NKRI.

 

“Selanjutnya, kata Agamis diambil karena kami berharap agar mereka (kader) dapat mendapat ilmu keagamaan dan juga dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, untuk rasionalis kami sangat berharap agar para kader muda dapat berjiwa yang rasional yakni dapat mengembangkan pola pikir bukan hanya secara bijak melainkan bijak, valid dan juga berbobot,” imbuhnya.

 

Mita menuturkan, Suasana saat Lakmud berlangsung sangat menyenangkan dan juga kondusif meskipun banyak materi disampaikan namun tetap menyenangkan karena fasilitator dapat memecah suasana dan juga mengugah semangat para peserta.

 

Ia melanjutkan, kegiatan setelah Lakmud terlaksana ini adalah Rencana Tindak Lanjut (RTL) Lakmud yang merupakan tahapan sertifikasi dari pendidikan dan pelatihan saat pengkaderan Lakmud.

 

“Ada beberapa RTL yang akan dilakukan antara lain review beberapa materi dan juga membuat pelatihan administrasi yang akan digelar pada hari ahad 18 Februari 2024,” ungkapnya.

 

Ia mengharapkan Lakmud ini agar dapat mencetak kader muda yang benar-benar kader bukan hanya kader-kaderan.

 

“Hal yang dapat menjadikan dirinya sebagai pejuang NU sesungguhnya dan menjadi generasi penerus yang dapat aktif dan berkontribusi dalam perjuangan IPNU-IPPNU,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, Lakmud yang diadakan IPNU -IPPNU Ngusikan diselenggarakan di di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Jombang yang diikuti oleh 23 peserta terdiri dari 16 peserta internal dan 7 eksternal. Jumat (26/01/2024) hingga Ahad (28/01/2024).


Daerah Terbaru