• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

Ciptakan Wirausahawan, Ansor Jombang Beri Pelatihan Ala Barber Shop

Ciptakan Wirausahawan, Ansor Jombang Beri Pelatihan Ala Barber Shop
Pelatihan Potong Rambut Dasar Babershop Yang dilakukan selama 3 hari berturut-turut oleh GP Anshor dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (Foto: Rohmadi)
Pelatihan Potong Rambut Dasar Babershop Yang dilakukan selama 3 hari berturut-turut oleh GP Anshor dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (Foto: Rohmadi)

NU Jombang Online,
Menciptakan wirausahawan bukan perkara mudah. Namun, Gerakan Pemuda (GP) Ansor menyadari hal itu dengan membekali kadernya beragam kemampuan mendulang rupiah, salah satunya adalah membuat pelatihan potong rambut ala Babershop. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari semarak Hari Santri Nasiaonal Kabupaten Jombang yang diselenggarakan sejak 23-31 Oktober.

Bekerjasama dengan Baznas Jombang, kegiatan yang diselenggarakan di semua PAC GP Ansor Jombang ini diikuti oleh 20 peserta Anggota Ansor Jombang setiap harinya. Selain itu, tidak menutup juga bagi warga yang berminat belajar memotong rambut.

Zulfikar Damam Ikhwanto, Penanggungjawab sekaligus Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Jombang mengatakan, GP Ansor memiliki badan legal yang diberi nama Ansoruna Businees School. Aktivitasnya adalah memberikan bekal skill untuk kader yang berpotensi untuk mendulang rupiah. Pelatihan potong rambut ini adalah salah satunya.

"Diharapkan dari lulusan pelatihan ini para peserta bisa membuka usaha sendiri. Bisa membantu pemerintah juga mengurangi pengangguran di Jombang. Apalagi situasi pandemi seperti ini, masyarakat sangat membutuhkan tambahan penghasilan," ungkap pria yang akrab disapa Gus Anto ini.

Sementara itu Hafis Muaddab, selaku Person In Charge (PIC) dari program ini menambahkan, kegiatan ini akan diselenggarakan disemua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Se kabupaten Jombang. Namun sebagai pilot project, diawali di PAC GP Ansor Mojowarno.

"Rencananya pelatihan ini akan dilaksanakan sampai dengan 31 Oktober 2020. Kegiatan akan ditutup dengan Workshop Hair Style dan Managemen Barbershop di MWC NU Ploso sekaligus menjadi pembukaan angkatan ke 2 pada 01 November 2020," ungkapnya.

Hafis memaparkan, intruktur yang dimiliki juga bersertifikat meskipun belum memiliki sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sebab, menurutnya, untuk memiliki sertifikat BNSP, biaya lisensinya mahal. Namun, ia berharap, kedepan akan diupayakan semua instruktur memiliki sertifikasi BNSP.

“Harapan kami, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jombang melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) dapat menfasilitasi hal ini," ujar Hafis Muaddab yang juga menjabat sebagai sekretaris PC GP Ansor Jombang ini.

Sugeng Pranoto, salah seorang instruktur mengatakan, dirinya pernah mengikuti kursus potong rambut di surabaya. Pelatihan tersebut, kata dia, diisi oleh instruktur ternama dari Inggris.

Selain itu, Sugeng juga pernah berprofesi sebagai tukang potong rambut profesional di Surabaya. Hanya saja, dirinya berharap bisa mengikuti uji kompetensi untuk mendapat sertifikat BNSP agar lebih matang menjalankan profesinya.

"Pada angkatan pertama ini ada 20 peserta yang terdiri dari peserta putra dan putri sehingga dibagi menjadi 2 sesi, sesi 1 pagi hari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Lalu dilanjutkan dengan sesi 2. Mulai jam 12 hingga jam 4 sore,” jelas pria yang juga kader Banser Bagana Mojowarno ini.

Kegiatan tersebut dilakukan di lokasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Ansor Barbershop PAC GP Ansor Mojowarno di Desa Selorejo, yang dibuka resmi pada Jumat (23/10) Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Mojowarno.

Pewarta: Rohmadi
Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru