• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

HARI SANTRI 2023

Cara LPBI PCNU Jombang Rayakan Hari Santri, dari Bersih-bersih Kali hingga Lomba Mancing

Cara LPBI PCNU Jombang Rayakan Hari Santri, dari Bersih-bersih Kali hingga Lomba Mancing
Bazar Tuku Sembako Murah Bayar Sampah (Tumbas) diselenggarakan LPBI PCNU Jombang pada momentum Hari Santri, Sabtu (21/10/2023). (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)
Bazar Tuku Sembako Murah Bayar Sampah (Tumbas) diselenggarakan LPBI PCNU Jombang pada momentum Hari Santri, Sabtu (21/10/2023). (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)

NU Online Jombang, 
Momentum Hari Santri 2023 tidak hanya diperingati Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Kabupaten Jombang dengan 'Resik Kali Jombang Wetan'. Pada saat yang sama kegiatan lain juga digelar, seperti Bazar Tuku Sembako Murah Bayar Sampah (Tumbas) dan Lomba Memancing Ikan Lele pada Sabtu (21/10/2023) di sepanjang sungai Candimulyo.


Ketua LPBI PCNU Kabupaten Jombang Khoirul Hasyim menjelaskan, Bazar Tumbas ini merupakan cara LPBI PCNU Jombang untuk menarik warga masyarakat utamanya Nahdliyin sekitar untuk peduli lingkungan.

 

"Dengan adanya Bazar Tumbas ini masyarakat yang sebelumnya tidak perduli dengan sampah botol, kardus, dan lain sebagainya akhirnya sadar ternyata bisa bernilai ekonomis untuk keberlangsungan. Contohnya dengan tabungan yang ada di bank sampah bisa dibelikan sembako murah, misalkan gula harga 15 ribu rupiah jika membeli dengan sampah hanya 14 ribu rupiah," jelas pria yang akrab disapa Hasyim itu.


Ia menuturkan, respons masyarakat sekitar sangatlah antusias dengan kegiatan tersebut.


"Alhamdulillah, semuanya mendukung termasuk pemerintah desa dan perangkatnya juga sangat senang dengan agenda di Hari Santri ini," tuturnya. 


Ia mengungkapkan, setelah Bazar Tumbas agenda selanjutnya adalah lomba memancing ikan lele hasil sumbangan dari NU Care-LAZISNU atau Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama Jombang.


"Kegiatan kita yang terakhir pada siang hari ini lomba pancing ikan, kami juga mendapat support dari LAZISNU Jombang ikan lele untuk dipancing sebanyak 25 kg. Pemenangnya nanti ditentukan dengan siapa yang mendapat pancingan ikan lele paling banyak itulah pemenangnya," ungkapnya. 


Pria yang juga Direktur Perumdam Tirta Kencana Kabupaten Jombang itu menambahkan, meskipun kegiatan tersebut tidak berbayar namun pemenang lomba memancing ikan juga akan mendapatkan hadiah.


"Ya meskipun lombanya gratis, kami juga mengapresiasi pemenang dengan hadiah uang tunai walaupun tidak banyak. Pokoknya kita semarakkan Hari Santri dengan riang gembira," imbuhnya.


Daerah Terbaru