• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Peterongan Dikepung Banjir, LPBINU dan Ansor Sigap Bangun Posko Bantuan

Peterongan Dikepung Banjir, LPBINU dan Ansor Sigap Bangun Posko Bantuan
Pemberian bantuan korban banjir Peterongan (Foto : Dok Ansor Peterongan)
Pemberian bantuan korban banjir Peterongan (Foto : Dok Ansor Peterongan)

NU Online Jombang,

Banjir melanda rumah penduduk warga dusun Ngudi, desa Tugusumberjo kecamatan Peterongan, kabupaten Jombang, Jumat (11/3/2022). Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBINU) dan pemerintah desa (Pemdes) serta Badan Otonom (Banom) NU bersinergi mendirikan posko bantuan untuk korban banjir.

 

Sekretaris Desa Tugusumberjo, Bayu menjelaskan, Banjir yang terjadi di desanya disebabkan sungai di kawasan tersebut tidak mampu lagi menampung air hujan yang cukup lebat. Sehingga, luapan air mulai memasuki sejumlah rumah dusun Ngudi.

 

"Air mulai masuk ke rumah warga sekitar pukul 02.15 WIB. Hingga pagi hari tadi, air semakin naik setinggi 1 meter," ujar Bayu.

 

Bayu yang juga merupakan sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Peterongan menambahkan, karena air yang belum surut hingga pagi hari, ia pun mengajak jajaran Pemdes setempat untuk musyawarah dan melakukan koordinasi dengan Lembaga serta Banom NU.

 

Sementara itu ketua LPBINU Jombang, Hasan Ma'lum menjelaskan, dirinya menjalin komunikasi dengan Pemdes Tugusumberjo dan melakukan koordinasi dengan Ansor, Banser dalam membantu warga terdampak banjir tersebut.

 

"Tidak ada korban jiwa dalam hal ini. Akan tetapi, seluruh aktivitas warga lumpuh. Sehingga, kami bersama relawan harus terus bergerak," kata Hasan.

 

"Kami meminta ketua PAC (pimpinan anak cabang) Ansor Peterongan untuk segera menginstruksikan anggotanya mendirikan beberapa posko penangulangan banjir dan mengevakuasi warga," jelasnya.

 

Merespons hal tersebut, ketua PAC Ansor Peterongan, Syaiful Chabib juga segera menginstruksikan kepada Ansor dan Banser untuk segera merapatkan barisan dan melakukan pengamanan siaga. 

 

Hingga berita ini ditulis, Ansor dan Banser masih siaga di posko. Beberapa anggota juga mendatangi rumah warga dengan membagikan logistik.

 

"Nasi bungkus, air mineral dan lain-lain kita distribusikan bersama Banser. Baik itu Banser Peterongan maupun Banser dari luar Peterongan yang turut membantu," ujar Syaiful.


Daerah Terbaru