• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 28 Mei 2024

Daerah

BMT NU Bareng Terus Beri Manfaat untuk Warga Sekitarnya

BMT NU Bareng Terus Beri Manfaat untuk Warga Sekitarnya
Tabungan BMT NU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Tabungan BMT NU Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang,
Inti dari didirikannya suatu lembaga di tubuh Nahdlatul Ulama (NU) ialah memberi kebermanfaatan terhadap masyarakatnya. Hal itu juga yang mendasari berdirinya Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) di Jombang. Lembaga ini adalah sebuah lembaga keuangan yang berbadan hukum koperasi simpan pinjam yang berada di bawah naungan NU. 


Lembaga ini sudah banyak berdiri di di Jombang. Satu pusat dan 21 cabang tersebar di setiap kecamatan, dan satu kantor kas BMT NU di Desa Kedawong, Kecamatan Diwek.


BMT NU Bareng adalah salah satu di antara BMT NU yang ada di tingkat cabang atau kecamatan. Selama ini sudah banyak memberikan kemanfaatan terhadap masyarakat di sekitarnya. Terutama masyarakat NU (Nahdliyin). Hingga hari ini, BMT NU Bareng telah berkembang dengan baik. 


"Manfaat BMT NU untuk masyarakat khususnya warga NU ini sangat besar. Yang jelas sudah banyak yang terbantu dalam masalah keuangan dan usaha," kata H Su'udi Anis, Ketua BMT NU Cabang Bareng kepada NU Online Jombang, Senin (20/3/2023). 


Ia mengungkapkan, bahwa kehadiran BMT NU di tengah-tengah masyarakat yang cenderung mempercayakan soal keuangan kepada bank milik pemerintah tak membuatnya pesimis. Meski memang diakuinya awal pendirian BMT NU di Bareng membutuhkan tekad yang kuat untuk mengubah kecenderungan pola pikir masyarakat tersebut.


Terbaru, BMT NU Cabang Bareng telah memberikan hadiah dua sepeda motor Vario kepada dua orang. "Karena mereka mempunyai tabungan berjangka (deposito) 100 juta dalam empat tahun, maka mereka mendapatkan hadiah," ungkapnya.


Ia berharap, dengan adanya BMT NU di Kecamatan Bareng ini dapat menjembatani pelayanan ekonomi warga NU dengan baik. Yaitu membantu meningkatkan perekonomian warga NU dan bisa menyejahterakan jamiyah NU ke depan.


"Semoga BMT NU tambah maju dan tambah berkah," pungkasnya.


Daerah Terbaru