• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Resensi

Resensi Film Start Up, Kisah Penuh Haru Anak Muda Mencari Jati Diri

Resensi Film Start Up, Kisah Penuh Haru Anak Muda Mencari Jati Diri
Poster Film Start Up 2019 (Source IMDB)
Poster Film Start Up 2019 (Source IMDB)

NU Online Jombang,
Start Up merupakan Film yang diadaptasi dari webcomic dengan judul yang sama yang telah dipublikasikan sekitar tahun 2014-2015. Webcomic ini ditulis oleh Jo Geum San, Sedangkan Naskah Film sekaligus sutradara oleh Choi Jeong Yeol.

 

Proses Syuting dilakukan pada 8 Maret hingga 27 Juni 2019. Kemudian, film dirilis pada 18 Desember 2019. Genre Film Start Up 2019 ini adalah comedy, action dan drama.

 

Film Start Up ini diperankan oleh Ma Dong Seok berperan sebagai Geo Seok, Park Jung Min berperan sebagai Go Taek II, Jung Hae In berperan sebagai Woo Sang Pil, Yum Jung Ah berperan sebagai ibu Go Taek II (Yoon Jeong Hye). Selain itu ada pula Choi Sung Eun berperan sebagai Kyung Joo, Kim Jong Soo berperan sebagai pemilik Restoran (Pak Hong), lalu Kim Kyung Duk berperan sebagai Bae Goo Man dan Yoo Kyung Ho berperan sebagai Dong Hwa, serta Ko Du Shim berperan sebagai nenek Sang Pil.

 

Start Up mengisahkan titik balik kehidupan Taek II yang melarikan diri dari rumahnya karena tak ingin hidup seperti keinginan sang ibu. Taek II bersahabat dengan Sang Pil. Keduanya masih remaja berumur 18 tahun yang hidup dalam keluarga sederhana. 

 

Taek II tinggal bersama ibunya yang dahulu adalah pemain voli dan kini bekerja di sebuah restoran bersama saudaranya. Sang Ibu berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup anaknya dan berharap Taek II untuk melanjutkan sekolahnya hingga kuliah agar sukses. Namun Taek II menolak, hingga suatu hari ia memutuskan kabur dari rumahnya.


Hubungan Taek II dengan sang ibu memang bagaikan air dan minyak. Hingga pada suatu hari, Taek-il mengikuti Sang-pil, teman dekatnya yang pergi untuk bekerja mencari uang. Dalam perjalanan, Taek-il dan Sang-pil bertemu Geo-seok, seorang koki besar di sebuah restoran China.

 

Taek-il kemudian mulai bekerja sebagai pengantar makanan di restoran China tersebut. Selain Geo-seok, ia juga mulai bergaul dengan Kyung-ju yang merupakan seorang petinju.

 

Namun, situasi mulai berubah. Geo-seok dan Taek-il ternyata harus menghadapi persaingan besar di antara mereka. Taek-il perlahan menyadari dan merasakan kehidupan orang dewasa yang ternyata cukup pelik. Dia mulai menyadari kebenaran dari ucapan sang Ibu dahulu.


Singkat cerita, pada suatu hari keluarga Taek II dan Sang Pil memulai hidup yang baru, akur dengan sang ibu, keluar dari perusahaan rentenir dan menekuni usaha neneknya.

 

Meski telah tayang pada 2019, film yang menjadi box office dengan pendapatan 22,72 USD ini masih layak ditonton generasi muda karena memiliki pesan moral. 

 

Pesan Moral


Pesan yang dapat saya terima ketika telah menonton film ini adalah jangan pernah membantah apa yang orang tua inginkan. Apalagi jika ibu yang melahirkan kita menginginkan kehidupan yang lebih baik dari kita. Karena, jika kita membantah apa yang orang tua kita katakan, apa yang kita lakukan tanpa restu orang tua itu semua akan sia sia dan tidak berjalan sesuai harapan. 


Karena semua orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Orang tua selalu berusaha agar anak anaknya bisa sekolah setinggi mungkin agar kelak menjadi orang yang sukses.

 

Identitas Film


Judul Film : Start Up
Tanggal rilis: 22 Januari 2020 (Indonesia)
Sutradara: Choi Jeong-yeol
Pemeran Film : Ma Dong Seok, Park Jung Min berperan sebagai Go Taek II, Jung Hae In, Woo Sang Pil, Yum Jung Ah, Choi Sung Eun Kyung Joo, Kim Jong Soo, Kim Kyung Duk, Bae Goo Man, Yoo Kyung Ho serta Ko Du Shim.
Perusahaan produksi: Filmmaker R&K
Box office: 22,72 juta USD
Didistribusikan oleh: Next Entertainment World
Musik digubah oleh: Mowg

 

Ditulis Oleh : Nurul Husna, Siswa XI IPS 3 Program Unggulan MAN 3 Jombang


Resensi Terbaru