Home Warta Nasional Fiqih Daerah Bahtsul Masail Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Humor Ekonomi Lainnya Buku/Resensi Video Nyantri MWC Ranting NU Pengurus

Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj Ziarah ke Makam Pendiri NU di Jombang

Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj Ziarah ke Makam Pendiri NU di Jombang
KH Said Aqil Siroj ziarah makam Hadratussyekh KH M Hasyim Asy'ari. (Foto: Istimewa)
KH Said Aqil Siroj ziarah makam Hadratussyekh KH M Hasyim Asy'ari. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj didampingi Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini berkunjung ke beberapa pondok pesantren besar di Kabupaten Jombang, Kamis (7/10/2021). Dalam kunjungannya Kiai Said memulai dari Pesantren Tebuireng, di sana juga Kiai Said juga berziarah ke makam pendiri NU, Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari. Juga KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, KH Salahuddin Wahid, dan keluarga.

 

Setelah dari Tebuireng, kiai Said bersama rombongan melanjutkan ziarahnya ke makam pendiri sekaligus penggerak NU, KH Abdul Wahab Chasbullah di Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas. Di sana, beliau disambut putra KH Abdul Wahab Chasbullah, KH Hasib Wahab, Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, KH Wafiyul Ahdi, dan kiai-kiai lainnya.

 

Usai dari Tambakberas, Kiai Said Aqil Siroj kemudian meneruskan ziarahnya ke makam pendiri NU lainnya, yakni KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar. Di sini Kiai Said Aqil ditemui oleh cucu KH Bisri Syansuri, KH Abdussalam Shokhib.

 

Kiai Said Aqil menyampaikan, budaya ziarah sudah menjadi bagian dari hidupnya. Kiai Said kerap kali berziarah ke makam para kiai dan wali. Apalagi di Jombang yang tersebar para pendiri NU. 

 

"Ziarah kubur itu merupakan prinsip saya. Saya ke mana-mana masuk daerah kalau ada makam auliya pasti saya ziarah, apalagi ini ke pendiri NU. Tebuireng, Denanyar, Tambakberas. Seharusnya saya selalu ziarah, hanya saja karena pandemi Covid-19 jadi tersendat dua tahun saya tidak ke sini,” ujarnya.

 

Ditanya terkait Muktamar ke-34 yang akan dilaksanakan 23-25 Desember 2021 di Lampung, Kiai Said Aqil menyampaikan, panitia sedang menyiapkan segala kebutuhannya. Kendati demikian, kepastian teknisnya masih menunggu izin dari Satgas Covid-19. 

 

"Lihat saja nanti, kalau Satgas Covid mengizinkan ya luring, kalau tidak ya hybrid,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah Ciganjur Jakarta Selatan ini.

 

Untuk diketahui, sebelum berkunjung ke beberapa pesantren di Jombang, Kiai Said Aqil terlebih dahulu ke Pesantren Lirboyo, Kediri dan Pesantren Al-Falah Ploso.

 

Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

Warta