• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Nasional

Hakikat Manusia Hidup hanya untuk Memberi Manfaat

Hakikat Manusia Hidup hanya untuk Memberi Manfaat

NU Jombang Online, 
Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, Jawa Timur, KH Agues Ali Mashuri mengatakan, seyogyanya manusia tak menyia-nyiakan umur yang telah diberikan Allah SWT. Manusia hendaknya senantiasa berbuat kebaikan agar hidupnya berarti.

"Umur kita bukan sekedar deretan waktu, tapi sejauh mana kita mampu mengisi dan memberi arti," katanya sebagaimana dikutip NU Jombang Online melalui akun Twitternya, Rabu (17/4).

Menurut pandangannya, umur manusia tidak bisa diterka oleh manusia itu sendiri. Usia manusia adalah seperti yang sudah ditentukan Allah SWT. Hanya Allahlah satu-satunya dzat yang bisa mengetahui tentang umur.

Untuk itu tak ada pilihan kecuali memperbanyak amal kebaikan sebelum manusia harus kembali ke hadapan penciptanya.

Faktanya di dunia, papar dia, tak sedikit orang yang berumur panjang namun sangat sedikit memberikan manfaat atau amal baik. Begtiu juga sebaliknya.

"Banyak orang berumur panjang namun manfaatnya kurang. Banyak orang berumur singkat namun banyak manfaat," kata kiai yang kerap disapa Gus Ali ini. (M. Choirurrojikin/Syamsul Arifin) 


Editor:

Nasional Terbaru