• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Mitra

Tingkatkan Mutu, Unwaha Laksanakan AMI secara Maraton

Tingkatkan Mutu, Unwaha Laksanakan AMI secara Maraton
Unwaha Kabupaten Jombang telah melaksanakan kegiatan AMI secara maraton mulai tanggal 21 November sampai 8 Desember 2021. (Foto: Dok Unwaha)
Unwaha Kabupaten Jombang telah melaksanakan kegiatan AMI secara maraton mulai tanggal 21 November sampai 8 Desember 2021. (Foto: Dok Unwaha)

NU Online Jombang, 
Universitas KH A Wahab Hasbullah (Unwaha) Kabupaten Jombang telah melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) secara maraton mulai tanggal 21 November sampai 8 Desember 2021. Kegiatan AMI ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan mutu Unwaha agar dapat segera terealisasi jargon yang digaungkan, yakni Global University.


AMI yang dilaksanakan Pusat Jaminan Mutu (PJM) ini merupakan salah satu proses Unwaha untuk melakukan perbaikan secara terus menerus, sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Tahapannya menggunakan siklus PPEPP (Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian Peningkatan). Karena itu seyogyanya kegiatan diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan standar, kemudian dilakukan AMI sebagai proses evaluasi kesesuaian antara proses/pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan.


AMI di akhir tahun ini dilaksanakan ke semua prodi yang ada di Unwaha dan sekaligus unit-unit lain yang ada di Unwaha. Start awal pelaksanaan AMI dimulai dari Prodi Manajemen sebagai auditeenya, kemudian disusul prodi-prodi lain sebagai auditee yang secara berurutan Prodi Informatika, Prodi Teknologi Informasi, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Prodi Agribisnis, Prodi Agroekoteknologi, Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, dan Prodi Pendidikan Agama Islam. 

 


Pelaksanaan AMI pada masing-masing prodi dilaksanakan selama 2 hari yakni mulai dari pengecekan dokumen dan penggalian data dalam bentuk wawancara kepada auditee yang kemudian auditor menyusun daftar temuan untuk disampaikan kepada auditee sebagai bahan klarifikasi auditee jika ada temuan yang belum sesuai atau dibenarkan dalam permintaan tindakan koreksi (PTK). Kemudian bersama auditee menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). Setelah semua prodi selesai, kemudian AMI dilaksanakan pada unit-unit lain yang ada di Unwaha, yakni LPPM, Bidang Akademik, Bidang Kerja Sama, Bidang Keuangan, dan Bidang Kemahasiswaan. 


Dalam sambutannya, Ketua PJM, Ahmad Nur Ismail menyampaikan, AMI dilakukan secara berkala dan sudah direncanakan PJM untuk setiap tahun. Namun dalam perjalanannya, AMI juga bisa dilaksanakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan klien. AMI dilakukan oleh beberapa auditor yang telah dilatih untuk melakukan audit sebelumnya oleh PT SISTAND dan pendalaman oleh PJM.


“Pelaksanaan AMI diawali PJM Unwaha dengan membentuk tim auditor yang akan melakukan proses audit, yang terdiri dari Ahmad Nur Ismail (Lead Auditor), dengan anggota auditor: Ino Angga Putra, M. Farid Nasrullah, M. Saat Ibnu Waqfin, Khotim Fadhli, Arivatu Ni’mati Rahmatika, Anggi Indah Yuliana," tambahnya. 

 


Pelaksanaan AMI di Unwaha juga bertujuan agar benar-benar bisa terealisasi secara baik Good University Governance (GUG). Sehingga sistem tata kelola universitas dapat lebih baik baik dengan menganut prinsip-prinsip dari good governance yaitu transparansi, akuntabilitas, partisipasi, equity, dan sebagainya. Implementasi GUG diharapkan dapat mewujudkan excellent service dalam semua bidang yang ada di Unwaha.


Kontributor: Fadhli
Editor: Ahmad 


Mitra Terbaru